Jumat, 04 Mei 2018 08:37 WITA

9 Fakta Tak Terduga Tentang Telur yang Wajib Anda Tahu

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
9 Fakta Tak Terduga Tentang Telur yang Wajib Anda Tahu

RAKYATKU.COM - Telur adalah pilihan makanan sarapan yang kaya protein, bergizi, dan terjangkau, yang membantu Anda tetap sehat. Selain lezat, telutt memberikan manfaat bagi tubuh, karena mengandung vitamin B, nutrisi, dan protein.

Ada fakta menakjubkan yang tidak Anda ketahui tentang telur. Pakar kesehatan menyarankan bahwa diet yang mencakup telur dianggap diet yang sehat. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa sarapan dengan telur, jika dibandingkan dengan sereal atau tidak sarapan sama sekali, membantu orang-orang mengurangi hasrat untuk mengnsumsi makanan bergula dan berlemak.

Telur juga makanan yang sempurna untuk menyembuhkan rasa sakit karena mabuk. Hal ini disebabkan tingginya kadar sistein, asam amino dalam telur yang membantu pemecahan acetaldehyde, merupakan akar penyebab mabuk. Telur juga membantu tubuh untuk menyingkirkan racun yang tidak diinginkan akibat pesta minuman keras.

Dilansir doktersehat, telur organik tidak memiliki hormon, antibiotik, pestisida atau pupuk kimia, sesuai dengan Standar Program Nasional Organik USDA. Ada 9 hal menakjubkan yang tidak Anda ketahui tentang telur, seperti dilansir dari Boldsky, berikut ini:

1. Kuning telur membantu perkembangan otak

Kuning telur adalah salah satu sumber makanan terkaya yang terdiri dari vitamin B-kompleks yang disebut kolin. Kolin dikaitkan dengan fungsi neurologis yang lebih baik dan mengurangi peradangan. Diet kolin membantu perkembangan otak janin, itulah sebabnya mengapa wanita hamil harus lebih sering mengonsumsi telur. Kolin juga terurai menjadi betana di dalam tubuh, yang pada gilirannya menghasilkan hormon bahagia, disebut serotonin, dopamin dan norephinephrine.

2. Telur sumber protein yang sempurna

Ketika berbicara kualitas protein, telur berada di urutan atas di dalam daftar makanan protein. Itu karena semua protein yang ditemukan dalam telur dapat diserap dan digunakan oleh tubuh.

Telut tidak hanya mengandung protein berkualitas tinggi, juga mengandung banyak antioksidan, vitamin A, vitamin B12, vitamin D, riboflavin, folat, fosfor dan kolin. Satu telur rebus memiliki 6 gram protein, yang memberi wanita 14 persen asupan harian dan pria 11 persen.

3. Telur jadi pilihan untuk diet

Menyertakan telur ke dalam diet Anda akan membantu mengelola berat badan dengan lebih baik. Karena protein dari telur membuat perut Anda kenyang sepanjang hari. Telur juga memainkan peran penting dalam mempertahankan massa otot tanpa lemak selama penurunan berat badan.

Satu telur mengandung sekitar 70 kalori dan 6 gram protein, menjadikannya sumber protein rendah kalori. Dan ini penting untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan.

4. Telur jadi makanan kebugaran yang luar biasa

Setelah latihan, mengonsumsi protein yang cukup sangat penting karena membantu dalam membangun kembali dan memperbaiki jaringan otot Anda. Protein membuat asam amino yang tepat, blok bangunan protein yang dibutuhkan untuk membangun otot. Telur harus menjadi bagian dari setiap makanan dan kudapan, terutama makanan ringan pasca-olahraga yang bernutrisi. Konsumsilah telur rebus dengan buah-buahan segar.

5. Telur sumber vitamin D

Tubuh menyerap vitamin D melalui sinar matahari dan dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Telur adalah sumber vitamin D yang sangat baik dan merupakan salah satu dari sedikit sumber makanan alami dari vitamin ini. Menyertakan telur ke dalam diet Anda secara rutin dapat membantu mencegah kekurangan vitamin D.

Jika Anda mendapat paparan sinar matahari yang terbatas, telur dapat menjadi sumber yang bagus untuk mendapatkan dosis harian Anda. Satu kuning telur mengandung 41 unit vitamin D, memenuhi 10 persen kebutuhan harian orang dewasa.

6. Warna telur tidak memengaruhi nutrisi

Banyak orang percaya bahwa telur bercangkang cokelat lebih sehat daripada telur bercangkang putih, tetapi warna cangkang tidak ada hubungannya dengan kualitas telur. Warna kuning telur dapat bervariasi berdasarkan makanan apa yang diberikan pada ayam, tetapi itu tidak mencerminkan kandungan nutrisi.

Namun, mungkin ada variasi kecil dalam vitamin A dan lutein. Terlepas dari warnanya, kuning telur merupakan sumber vitamin, mineral, dan lemak, sedangkan putih telur mengandung banyak riboflavin dan protein.

7. Telur segar adalah yang terbaik

Tahukah Anda bahwa telur dapat digunakan dalam waktu tiga minggu dari tanggal jual, jika disimpan dengan benar di lemari es? Telur mulai menua lebih cepat pada suhu ruangan, jadi jangan biarkan terlalu lama. Konsumsilah telur sebelum tanggal penggunaan, dan siapkan telur dengan tangan dan peralatan yang bersih.

8. Kandungan lemak dalam telur

Satu butir telur besar mengandung 1,5 gram lemak jenuh, 1 gram lemak tak jenuh ganda dan 1,8 gram lemak tak jenuh tunggal. Beberapa telur juga mengandung asam lemak omega-3 karena ayam diberi makan yang mengandung biji rami. Ketika ayam-ayam itu mencerna biji rami, beberapa ALA akan dipecah menjadi DHA dan kedua asam lemak itu berpindah ke kuning telur.

9. Diet seimbang adalah kuncinya

Asupan moderat dari semua nutrisi yang diperlukan membantu menjamin kesehatan nutrisi Anda. Selain telur, pilihlah protein sehat lainnya seperti ikan dan kacang polong. Juga, termasuk gandum utuh, buah-buahan, sayuran, makanan kaya kalsium, dan sumber lemak sehat seperti kacang dan biji untuk menyeimbangkan nutrisi penting seperti karbohidrat dan lemak.
 

Tags