Kamis, 03 Mei 2018 11:59 WITA

Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Telur Setengah Matang

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Telur Setengah Matang

RAKYATKU.COM - Telur mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam penyajiannya, banyak orang yang gemar mengonsumsi telur setengah matang.

Selain tekstur dan rasanya yang nikmat. Telur setengah matang juga memberi manfaatnya bagi tubuh kita. Dengan dasar tidak ingin merusak, menghilangkan, ataupun mengurangi kandungan-kandungan penting dalam telur, menjadikan banyak orang seringkali mengkonsumsi telur setengah matang. 

Tetapi, dibalik manfaat yang terkandung dari telur setengah masak, adapula bahaya yang mengancam tubuh. Dikutip dari Teens, telur ayam dan bebek sangat rentan terjangkit bakteri Salmonella. Dengan mengonsumsi telur setengah matang, maka resiko terjangkit pun semakin besar.

Bakteri Salmonella ini tidak hanya menjangkit telur-telur yang cangkangnya rusak ataupun retak, tetapi juga telur-telur yang kulitnya terlihat bersih dan mulus.

Walaupun efeknya tidak akan langsung terasa, namun saat mengonsumsi telur yang terjangkit bakteri Salmonella saat keadaan tubuh fit, maka resiko langsung jatuh sakit semakin besar. 
Infeksi yang biasa ditimbulkan oleh bakteri Salmonella adalah sakit perut, mual, muntah, diare, sakit kepala, demam, atau bahkan tyfus. Hal inilah yang menjadikan telur setengah matang memiliki resiko yang sangat besar untuk menjadi racun dalam tubuh.

Bukan langsung menyetopnya, tetapi mulailah memperhatikan jumlah konsumsi dan kebersihan telur setengah matang sebelum mengonsumsinya.