Rabu, 02 Mei 2018 04:00 WITA

Ingat, Ini Makanan Pemicu Kanker Terbesar

Editor: Fathul Khair Akmal
Ingat, Ini Makanan Pemicu Kanker Terbesar
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Kanker memiliki dampak besar di seluruh dunia. Menurut data statistik, kanker yang paling umum diderita di 2016 di antaranya kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, kanker usus besar, kanker kandung kemih, kanker kulit, kanker ginjal, kanker endometrium, dan kanker pankreas.

Jumlah orang yang didiagnosis menderita kanker mencapai hampir 14,5 juta pada 2014, dan diperkirakan akan meningkat sekitar 19 juta pada 2024. Kanker merupakan penyakit yang menyebabkan banyak kematian di seluruh dunia, dan jumlah kasus kanker akan meningkat menjadi 22 juta dalam dua dekade ke depan.

Kanker adalah penyebab utama kematian kedua di dunia dan bertanggung jawab atas 8,8 juta kematian di 2015 dilansir tergemes.com. Sekitar sepertiga kematian disebabkan karena perilaku dan diet tertentu, termasuk indeks massa tubuh yang tinggi, rendahnya asupan buah dan sayuran, kurang aktivitas fisik, merokok, dan konsumsi alkohol berlebih. Dan tentu saja konsumsi makanan berikut ini juga berkontribusi dalam pertumbuhan sel kanker. Lalu, makanan apakah yang dimaksud?

Ya, makanan tersebut adalah hot dog. sejumlah besar orang dewasa dan anak-anak menyukai makanan satu ini. Tapi sadarkah Anda, sebenarnya makanan ini tidak mempunyai nutrisi sama sekali.

Menurut American Institute for Cancer Research, konsumsi satu hot dog setiap hari meningkatkan risiko kanker kolorektal sebesar 21 persen. Selain itu, anak-anak yang mengonsumsi 12 atau lebih hot dog selama sebulan, lebih rentan mengembangkan beberapa jenis penyakit serius, terutama leukemia.

Loading...

Hot dog kaya akan berbagai bahan kimia dan senyawa buatan yang menyebabkan berbagai infeksi dan keganasan. Agen-agen penyebab kanker yang terkandung dalam hot dog memiliki kapasitas untuk menyebabkan pembentukan tumor pada jaringan hidup.

Berikut beberapa bahan yang terkandung dalam hot dog
Babi (tidak semua)
Ayam yang dipisahkan secara mekanis
Kalkun yang dipisahkan secara mekanis
Kurang dari 2 persen garam
Perasa
Sirup jagung
Dekstrosa
Sodium diasetat
Natrium nitrit
Sodium askorbat
Natrium fosfat
Sodium laktat

Setelah makanan dihangatkan, dagingnya mengandung nitrat dan nitrit yang membentuk nitrosamin dengan amina, dan mereka terbukti menjadi penyebab kanker. Dengan semua kandungan yang sudah disebutkan di atas, masihkah ada keinginan untuk kembali menyantap hot dog?

Loading...
Loading...