Selasa, 01 Mei 2018 09:42 WITA

Boleh Dimakan, Ini Kandungan Gizi Bagian Putih Dekat Kulit Semangka

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Boleh Dimakan, Ini Kandungan Gizi Bagian Putih Dekat Kulit Semangka

RAKYATKU.COM - Anda tentu pernah mendengar bahwa bagian putih yang berada dekat kulit semangka boleh dimakan ya. Kira-kira apakah benarkah demikian?

Jika biasanya Anda hanya mengonsumsi bagian daging semangka yang berwarna merah atau kuning saja. Maka kini pertimbangkan untuk mulai memakan bagian putih dekat kulit semangka. Karena ternyata bagian tersebut boleh ikut kita konsumsi, lho.

Kaya Kandungan Gizi

Bagian putih pada semangka, atau disebut rind, tak kalah sehatnya dengan daging buah semangka. Berbagai kandungan gizi yang ada pada bagian putih buah semangka, adalah:

1. Mengandung berbagai vitamin yaitu vitamin C, B6 dan vitamin A

Satu porsi bagian putih semangka, kurang lebih 50-70 gram, mengandung vitamin C yang mampu memenuhi 2 persen kebutuhan vitamin C harian tubuh. Selain itu terdapat pula kandungan vitamin B6 dan A. Kandungan vitamin pada bagian putih semangka ini sangat baik untuk kesehatan kulit, imunitas dan kesehatan sistem saraf.

2. Mengandung likopen

Likopen yang ada cukup banyak pada buah tomat, ternyata juga terdapat pada bagian putih semangka. Likopen merupakan fitonutrien yang dapat mencegah kanker serviks, esofagus dan kanker di bagian pencernaan.

3. Mengandung cairan dan serat

Sama seperti buah semangka, kandungan cairan pada bagian putih semangka juga tinggi dan mengandung serat.

Cara Mengolah Bagian Putih Semangka

Dengan melihat berbagai kandungan gizi di atas, maka tentu saja bagian putih semangka boleh kita makan ya. Lalu bagaimana cara mengolah bagian putih tersebut?

Dilansir laman doktersehat, bagian putih semangka bisa dimakan langsung ataupun bisa diolah menjadi makanan lain. Salah satunya adalah acar atau menumisnya dengan sedikit minyak zaitun, garam, lada dipadu dengan sayuran lain misalnya paprika.