Selasa, 01 Mei 2018 01:30 WITA

Tips Meredakan Nyeri Punggung Ketika Hamil

Editor: Aswad Syam
Tips Meredakan Nyeri Punggung Ketika Hamil
ilustrasi

RAKYATKU.COM – Saat hamil, kadang wanita merasakan beberapa gangguan yang membuatnnya tidak nyaman. Salah satunya, sakit punggung. Biasanya sakit punggung ini terjadi mulai trimester kedua saat perut sudah mulai membesar. Selama hamil sebenarnya ligamen antar otot akan otomatis melembut dan meregang untuk mempersiapkan persalinan. Hal ini juga dapat menyebabkan punggung bawah dan panggul terasa sakit.

Untuk meredakan sakit punggung semasa hamil, Anda bisa mencoba cara berikut ini yang disajikan Doktersehat:

Jaga punggung tetap lurus
Menjaga punggung tetap lurus dapat mengurangi pergerakan yang memicu sakit punggung. Tegakkan punggung saat berdiri, duduk, atau sesekali lengkungkan punggung ke arah yang nyaman agar otot tidak kaku. Selain itu Anda juga disarankan untuk tidak sering memutar badan. Jika perlu berbalik, maka pindahkan kaki Anda untuk pijakan badan yang berbalik.

Pijat
Saat nyeri punggung terasa, minta pasangan Anda untuk memijat otot-otot punggung bawah dengan perlahan. Semakin besar usia kehamilan, tekanan saat memijat perlu dikurangi. Pijat di area punggung selain dapat meredakan nyeri juga dapat membantu melancarkan peredaran darah.

Kompres punggung
Mengompres punggung juga dapat meredakan nyeri. Kompres punggung dengan handuk yang diisi oleh es batu, lakukan selama 20 menit selama beberapa kali sehari. Setelah beberapa hari, Anda bisa menggantinya dengan kompres air hangat ke punggung. Perhatikan suhu yang digunakan untuk mengompres, jangan terlalu dingin atau terlalu panas dan jangan mengompres perut dengan air hangat atau panas.

Olahraga
Beberapa oloahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri punggung antara lain berjalan, renang dan sepeda statis. Beberapa gerakan senam hamil juga dapat membantu meningkatkan kelenturan yang dapat meredakan nyeri.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga dapat mencegah timbulnya sakit punggung dengan beberapa cara, di antaranya jangan mengangkat benda berat. Jika Anda perlu mengangkat sesuatu dari lantai, maka jongkoklah dengan punggung tetap lurus, lalu angkat barang tersebut. 

Gunakan sepatu flat agar distribusi berat banda Anda lebih merata, duduk dengan punggung lurus dan perbanyak istirahat.