Selasa, 01 Mei 2018 02:30 WITA

Awas, Konsumsi Asam Folat Berlebih Pada Ibu Hamil akan Mengganggu Kesehatan Janin

Editor: Aswad Syam
Awas, Konsumsi Asam Folat Berlebih Pada Ibu Hamil akan Mengganggu Kesehatan Janin
ilustrasi

RAKYATKU.COM - Asam folat memang baik untuk tubuh, terutama pada ibu hamil, karena dapat menjaga kesehatan bayi saat fase kehamilan. Sebuah penelitian mengungkapkan, ibu hamil membutuhkan asam folat sebanyak 400 mcg per hari dari bulan keturunan sampai kesembilan kehamilan. Untuk itu, ibu hamil diwajibkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti sayuran hijau, alpukat, buah bit, jus jeruk, pepaya, dan masih banyak lainnya.

Asam folat memang sangat baik untuk kesehatan janin dan juga ibu, dan tahukah Anda jika dikonsumsi terlalu banyak asam folat tidak baik untuk kesehatan? Selain itu juga dapat memengaruhi buruk pada janin Anda. Inilah beberapa hal negatif akibat asam folat berlebih pada ibu hamil sebagaimana dilansir Doktersehat.

Sulit Tidur
Jika tubuh lebih dari asam folat dapat menyebabkan masalah tidur atau biasa disebut dengan insomnia. Seperti yang Anda bolong ketika tidur pada ibu hamil akan sangat berbahaya, pasalnya selama masa, seseorang diwajibkan cukup tidur. Sebaliknya, perkembangan janin dalam perut akan terganggu.

Kejang
Asam folat yang berlebih juga dapat menyebabkan ibu hamil kejang-kejang. Cukup berlibur bukan? Ibu hamil yang sedang hamil di dalam perutnya meluncur kejang. Selain ibu, janin pun akan terancam dengan percaya diri. Kejang ini bisa juga disebabkan karena sistem tubuh yang terganggu.

Mual
Bagi ibu hamil, mual sudah hal biasa yang terjadi setiap hari, terutama di masa kehamilan 4 minggu ke atas. Namun, kelebihan asam folat juga menyebabkan mual karena asam folat dapat meningkatkan keasaman lambung. Hal ini dapat menghasilkan mulut pahit, keringat dingin, mual, dan lainnya. Fungsi ini bisa digunakan dalam kandungan.

Menghalangi Asupan vitamin B12
Selain asam folat, vitamin B12 juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Akan tetapi, mengonsumsi asam folat lebih berlebih, maka akan mempengaruhi pasokan vitamin B12. Hal ini terjadi karena asam folat yang menggunakan vitamin B12, dapat menghilangkan vitamin B12 dalam tubuh.