Senin, 30 April 2018 03:30 WITA

Alasan Wanita Berusia 40 Tahun ke Atas Tak Nyaman Berhubungan Seks

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Alasan Wanita Berusia 40 Tahun ke Atas Tak Nyaman Berhubungan Seks
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Seks merupakan salah satu aktivitas yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, baik jasmani maupun rohani. Melakukan hubungan seks dengan pasangan tentunya akan sangat menyenangkan apabila tujuan dari seks tersebut bisa tercapai, salah satunya adalah ketika mendapatkan orgasme yang luar biasa.

Bagi pasangan yang baru menikah dan masih berusia muda, seks menjadi salah satu kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi, bahkan seks menjadi aktivitas rutin yang selalu mereka lakukan setiap malam. 

Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, melakukan hubungan seks menjadi hal yang sudah tidak nyaman lagi, terutama bagi wanita. Sehingga, seks menjadi sangat jarang untuk dilakukan.

Wanita dengan usia di atas 40 tahun akan mengalami penurunan gairah seksual. Hal tersebut menjadikan wanita tersebut enggan untuk melakukan hubungan seksual. Jika dipaksa, alih-alih bisa mendapatkan rasa nyaman dan puas, mereka justru akan merasa tertekan untuk melakukannya.

Sebenarnya, rasa tidak nyaman melakukan hubungan seksual ketika wanita sudah berusia di atas 40 tahun bukan semata-mata karena adanya suatu penyakit atau masalah yang sedang menghantui mereka. Akan tetapi, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan gairah seks wanita berusia di atas 40 tahun menurun, di antaranya:

1. Penurunan Hormon

Wanita yang sudah menginjak usia yang bisa terbilang cukup tua, tidak sama dengan wanita yang masih berusia muda. Wanita berusia muda memiliki gairah seks yang cukup tinggi. Apalagi, ketika mereka sedang memasuki masa menopause, kadar hormon estrogen akan menurun. 

Hal ini dapat menyebabkan penurunan minat dalam melakukan hubungan seks dan membuat vagina menjadi kering karena cairan pelumas alami pada vagina tidak keluar, sehingga akan terasa sangat menyakitkan ketika pasangan sedang melakukan penetrasi.

Loading...

2. Penyebab Fisik

Ketika memasuki usia yang sudah tidak muda lagi, seluruh anggota tubuh akan ikut mengalami penuaan. Tidak hanya kulit dan rambut saja, tetapi organ intim dan reproduksi juga ikut berubah. 

Salah satunya adalah payudara yang sudah mulai mengendur. Hal itu dapat menurunkan rasa percaya diri pada wanita. Selain itu, vagina kering juga bisa membuat hubungan seks terasa sakit sehingga merasa enggan lagi untuk melakukan hubungan seks.

3. Usia Pernikahan Cukup Lama

Berbeda dengan pasangan pengantin baru yang masih ingin selalu melakukan hubungan seks karena gairah seks masih memuncak serta kadar hormon pun masih meningkat. Pasangan yang sudah lama menikah justru akan kehilangan gairah untuk melakukan hubungan seks. 

Hal ini dibuktikan dengan hasil sebuah studi yang dilakukan di Finlandia, mereka menyebutkan bahwa wanita kehilangan gairah seksual akibat pernikahan janka panjang yang mereka jalani. Selain itu, penurunan gairah seks pada wanita berusia 40 tahun ke atas yang sudah lama menikah juga dipengaruhi oleh rutinitas seks yang monogami sehingga mereka akan merasa bosan dan merasa pasangan sudah tidak menggairahkan lagi.
 

Loading...
Loading...