Minggu, 22 April 2018 07:00 WITA

Baru Bangun Tidur? Langsung Minum Air Putih

Editor: Andi Chaerul Fadli
Baru Bangun Tidur? Langsung Minum Air Putih

RAKYATKU.COM - Mengonsumsi air putih usai bangun tidur memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Apalagi kurang lebih 70 persen bagian dari tubuh mengandung air.

Ketika kebutuhan air di dalam tubuh tidak tercukupi, maka timbul masalah kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Pria dewasa membutuhkan minimal 2,5-2,6 liter atau sekitar 8 gelas air putih setiap harinya. Sedangkan wanita dewasa membutuhkan minimal 2,3 liter atau sekitar 7 gelas setiap harinya. 

Berikut manfaat yang kamu rasakan bila memiliki kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur, dikutip dari klikdokter, Minggu (21/4/2018):

Meningkatkan metabolisme
Minum air putih dalam keadaan perut kosong akan meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh kurang lebih 24 persen. Metabolisme yang meningkat juga bisa meningkatkan kecepatan kerja sistem pencernaan, sehingga proses pencernaan bisa berjalan lebih lancar.

Rehidrasi
Ketika Anda tidur dalam beberapa jam, tidak ada sedikit pun asupan yang masuk ke dalam tubuh, termasuk air putih. Padahal selama tidur tubuh melakukan proses metabolisme dan menggunakan cadangan air yang berada di dalam tubuh.

Sistem kekebalan tubuh
Minum air putih dalam keadaan perut kosong akan membantu meningkatkan kerja sistem limfatik, yakni salah satu bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh semakin kuat, maka dapat mencegah Anda terserang berbagai penyakit.

Mengeluarkan racun
Ginjal memiliki fungsi mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme dan racun dari dalam tubuh. Fungsi ginjal tersebut dapat berjalan dengan maksimal bila Anda mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih.