Minggu, 22 April 2018 02:30 WITA

Dari Deterjen Sampai Jamur, Penyebab Payudara Perempuan Kerap Gatal

Editor: Andi Chaerul Fadli
Dari Deterjen Sampai Jamur, Penyebab Payudara Perempuan Kerap Gatal

RAKYATKU.COM - Rasa gatal di sekitar puting payudara umumnya dirasakan sebagian perempuan. Rasa gatal ini bahkan biasanya diikuti iritasi kulit dan sensasi terbakar.

Dikutip dari Self, Sabtu (21/4/2018), asisten profesor klinis dermatologi dari Icahn School of Medicine, New York City, Gary Goldenberg mengatakan, ada enam alasan mengapa payudara perempuan terasa gatal:

Jarang Cuci Bra
"Pakaian kotor, termasuk bra, mungkin saja mengandung bakteri yang dapat menginfeksi dan mengiritasi kulit," kata Goldenberg. Payudara merupakan tempat favorit bagi bakteri untuk tumbuh karena kelembapannya. 

Sabun atau Deterjen
Dermatitis kontak adalah reaksi alergi yang terjadi ketika kulit Anda terkena bahan alergen. Meski Anda telah mencuci bra dengan rutin, kulit Anda mungkin tak cocok dengan deterjen yang digunakan. Untuk memastikannya, Goldenberg menyarankan Anda untuk mengganti sabun atau deterjen yang biasa digunakan dengan yang bebas pewangi. 

Eksim
Eksim adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan kulit mengalami peradangan kering dan terasa gatal. Eksim dapat muncul sebagai ruam merah, demikian dikatakan Jack Jacoub, MD, seorang ahli onkologi medis dan direktur medis MemorialCare Cancer Institute di Orange Coast Medical Center, California. Untuk mengatasinya, hubungi dokter Anda untuk bertanya tentang pengobatan yang tepat.

Psoriasis
Psoriasis adalah penyakit kulit yang menyebabkan sel-sel kulit menumpuk dan membentuk sisik-sisik serta bercak-bercak kering dan gatal. Seperti eksim, psoriasis kerap muncul di bawah payudara sehingga Anda tidak menyadarinya.

Bra Tak Cocok
Bra terbuat dari berbagai jenis kain yang berbeda, dan beberapa bra versi murah bisa sangat mengganggu payudara Anda. "Anda mungkin tak cocok dengan kain sintetis pada bra Anda," kata Goldenberg, yang menyebut poliester dan lateks sebagai kain yang paling potensial menyebabkan iritasi. 

Infeksi Jamur
Infeksi jamur sangat umum terjadi di bawah payudara. Area tubuh yang lembab merupakan lingkungan yang sempurna untuk pertumbuhan jamur, yang dapat membuat payudara gatal. Untuk mengobatinya, Anda harus menjaga area tersebut tetap kering dan gunakan obat antijamur yang disarankan dokter.