Selasa, 17 April 2018 19:20 WITA

Usus Buntu Bisa Kembali Terjadi Setelah Operasi?

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Usus Buntu Bisa Kembali Terjadi Setelah Operasi?

RAKYATKU.COM - Penyakit usus buntu dapat menyerang segala golongan usia, khususnya mereka yang berada di rentang 18–35 tahun. Keadaan ini perlu segera diatasi dengan tindakan operasi, karena gejalanya sangat mengganggu, bahkan hingga menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Ternyata, meski telah dioperasi, usus buntu dapat kembali terjadi. Dilansir dari Klik Dokter, para ahli menduga, keadaan ini berhubungan dengan tindakan operasi yang tidak berlangsung dengan mulus, misalnya masih ada bagian usus buntu yang tidak ikut terangkat.

Nah, bagian usus buntu yang masih tertinggal setelah operasi masih mungkin untuk mengalami infeksi berikutnya. Kondisi ini pada akhirnya dapat menyebabkan kejadian usus buntu berulang.

Pada kasus usus buntu berulang, penderita dianjurkan untuk segera melakukan tindakan operasi lanjutan. Jika tidak, risiko pecahnya usus buntu “sisa” dan menyebarkan semua “kotoran” ke dalam perut menjadi semakin tinggi.

Menurut dr Resthie Rachmanta Putri, isi usus buntu yang keluar dan menyebar di rongga perut dapat menyebabkan peritonitis. Kondisi ini mengakibatkan gejala berupa nyeri hebat, perut terasa kaku seperti papan, muntah-muntah, tidak bisa buang angin, dan tidak bisa buang air besar.