Selasa, 17 April 2018 17:32 WITA

Agar Tidak Encok Saat Lansia, Lakukan Tiga Hal Ini

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Agar Tidak Encok Saat Lansia, Lakukan Tiga Hal Ini
Ilutrasi encok di usia lansia. Int.

RAKYATKU.COM - Encok bisa dialami oleh siapa saja, namun lebih identik dengan kelompok lansia. Encok merupakan salah satu jenis radang sendi yang ditandai dengan nyeri sendi dan kemerahan, rasa hangat, dan pembengkakan di daerah yang kena penyakit encok. Biasanya hanya menyerang satu sendi pada suatu waktu. 

Radang sendi ini paling sering menyerang pada sendi jempol kaki, yang dikenal sebagai podagra, namun juga sering terjadi pada jari kaki yang lainnya.

Gejala penyakit encok biasanya muncul pada usia pertengahan. Risiko mengidap penyakit ini terbagi rata pada pria dibandingkan pada wanita, dan biasanya terjadi pada usia 40 tahun ke atas. Bagi Anda yang berpola hidup tidak sehat, sering mengabaikan setiap kandungan gizi dalam makanan, waspadalah, encok bisa menyerang.

Menurut dr Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, encok bisa datang begitu cepat, dan menjadi serangan yang sangat menyakitkan. Diawali dari peradangan sendi yang sering terjadi dan bereaksi sebagai sistem kekebalan tubuh, hal ini menyebabkan sel-sel darah putih menelan kristal asam urat. Akibatnya timbul rasa nyeri, panas, dan kemerahan dari jaringan sendi. Dan jika sudah semakin parah, maka peradangan akan sering terjadi.

Agar terhindar penyakit encok saat memasuki usia lansia, beberapa hal ini perlu Anda terapkan dari sekarang, berikut kiat dr Alvin Nursalim dari KlikDokter:

1. Hindari makanan tinggi purin
Encok adalah penyakit sendi yang berhubungan dengan pola makan. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga pola diet agar terhindar dari serangan gout. 

Diet yang buruk bagi penderita encok adalah diet tinggi purin. Purin merupakan zat alami yang ditemukan di dalam sel, termasuk di dalam tumbuhan maupun hewan. Pada umumnya, sayuran mengandung purin lebih banyak. Purin yang masuk ke dalam tubuh selanjutnya akan dimetabolisme menjadi asam urat.

Bila seseorang banyak mengonsumsi makanan tinggi purin, asam urat dalam darahnya akan meningkat. Hal ini menyebabkan terjadinya penyakit encok. Makanan yang tinggi purin antara lain daging merah, ikan sardine, jeroan, kacang polong, dan bayam.

2. Hindari alkohol
Kurangi kebiasaan mengonsumsi alkohol dari sekarang. Minuman beralkohol biasanya mengandung purin yang dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan gout.

3. Menjaga berat badan
Selain pola makan, encok juga berhubungan dengan gangguan metabolisme tubuh. Bila seseorang memiliki berat badan berlebih, kadar insulin di dalam tubuhnya akan meningkat. Hal itu menyebabkan terjadinya gangguan dalam pengeluaran asam urat. Kondisi inilah yang menyebabkan peningkatan risiko encok pada seseorang dengan berat badan berlebih.