Selasa, 17 April 2018 03:30 WITA

7 Tanda Anda Sudah Mendekati Masa Menopause

Editor: Aswad Syam
7 Tanda Anda Sudah Mendekati Masa Menopause
ilustrasi

RAKYATKU.COM – Menopause adalah masa tidak subur yang terjadi pada wanita. Pada masa ini, wanita akan susah atau sama sekali tidak bisa mendapatkan keturunan. Selain itu, wanita juga mulai mengalami penurunan hasrat bercinta dengan pasangan.

Kalau Anda wanita berusia 40-an tahun, bersiaplah untuk mendapatkan menopause. Simak tanda-tanda kedatangannya di bawah ini.

1. Kenaikan berat badan
Wanita yang mengalami menopause biasanya mengalami peningkatan berat badan. Kalau biasanya Anda memiliki tubuh fit, lemak akan mulai muncul di seluruh tubuh khususnya di area perut dan panggul.

2. Sering emosi
Saat mengalami menopause, hormon di dalam tubuh akan mengalami penurunan yang signifikan. Penurunan ini menyebabkan emosi wanita jadi tidak stabil. Mereka jadi kerap marah, sedih, hingga merasa depresi padahal tidak sedang terjadi apa-apa.

3. Menstruasi tidak teratur
Kalau menstruasi yang terjadi sudah mulai tidak teratur, Anda sudah mendekati menopause. Salah satu ketidakteraturan dari menstruasi terjadi dalam bentuk sering terlambat, datang cepat, hingga perdarahan yang semakin sedikit.

4. Vagina kering
Vagina pada wanita yang masih subur akan basah saat dirangsang. Selain itu, vagina juga tidak akan kering terlalu lama serta mengganggu aktivitas seksual.

5. Rasa sakit pada vagina
Rasa sakit yang ditimbulkan bisa saja berasal dari infeksi atau gangguan lain. Saat kencing wanita akan merasakan panas yang cukup mengganggu. Selanjutnya, saat berhubungan badan, wanita juga rasakan sakit yang cukup hebat.

6. Gangguan tidur
Wanita yang alam menopause akan mengalami penurunan kualitas tidur. Mereka sering bangun di malam hari karena hot flashes dan berkeringat.

7. Libido menurun
Seperti halnya dengan pria yang alami penurunan testosteron, wanita juga bisa alami penurunan libido. Kondisi ini menyebabkan mereka malas bercinta dengan pasangan.