Minggu, 15 April 2018 15:47 WITA

Ingin Melakukan Diet Sehat? Hal Ini yang Perlu Diperhatikan

Editor: Adil Patawai Anar
Ingin Melakukan Diet Sehat? Hal Ini yang Perlu Diperhatikan

RAKYATKU.COM - Siapa sih yang tidak ingin diet penurunan berat badannya berhasil? Tentu ada banyak cara agar kita bisa memperoleh berat badan yang diinginkan dengan cepat. Namun sebenarnya yang penting bukanlah cepat atau lambatnya diet melainkan sehat atau tidaknya penurunan berat badan yang kita alami.

Umumnya dalam diet penurunan berat badan kita hanya fokus pada angka pada timbangan saja ya. Padahal ada 3 hal penting yang menjadi indikator bahwa berat badan kita turun dengan sehat.

Jika kita hanya berfokus pada berat badan saja, maka indikator tersebut bisa saja tidak mencerminkan kondisi fisik tubuh yang sebenarnya. Untuk itu buang jauh-jauh anggapan, bahwa indikator berat badan saja merupakan hasil diet yang sehat.

Kathleen Zelman, dietitian dari WebMD, menyebutkan bahwa beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam penurunan berat badan yang sehat, adalah:

1. Nilai IMT
Dilansir doktersehat.com, indeks massa tubuh mampu mencerminkan kondisi fisik tubuh kita dengan memerhatikan perbandingan tinggi dan berat badan. Jika kita hanya melihat berat badan saja, maka bisa jadi berat badan yang kita inginkan masih kurang atau berlebihan untuk tinggi badan tubuh kita. Nilai IMT yang normal akan menjadi indikator keberhasilan diet sehat yang tepat karena menyesuaikan berat badan dengan tinggi badan.

2. Lingkar pinggang
Jika IMT sudah normal, maka indikator penurunan berat badan sehat selanjutnya adalah lingkar pinggang. Hal ini erat kaitannya dengan risiko penyakit degeneratif. Untuk itu diet yang sehat adalah yang mampu menghasilkan nilai lingkar pinggang yang kurang dari 89 cm untuk perempuan dan 100 cm untuk laki-laki.

3. Tidak berfokus pada berat badan ideal
Berat badan ideal hanya menghasilkan satu nilai berat badan saja. Hal ini akan membuat kita fokus pada satu angka atau target saja. Sehingga secara tidak langsung membuat kita menjadi tertekan dengan target berat badan ideal yang umumnya sulit dicapai. Untuk itu berat badan ideal tidak dianjurkan sebagai target diet sehat. Gunakan rentang berat badan pada IMT normal untuk target berat badan yang sehat.

Nah, itu dia tiga hal yang perlu diperhatikan dalam penurunan berat badan yang sehat. Jadi, jangan hanya berfokus pada berat badan saja, ya.