Jumat, 13 April 2018 12:27 WITA

Ini Makanan yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat Otak

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ini Makanan yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat Otak
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Apakah Anda sering merasa mudah lupa? Lupa memang hal yang wajar terjadi pada banyak orang. Namun hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang mampu meningkatkan memori otak.

Pilihan makanan yang tepat mampu meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat. Hal ini disebabkan aliran darah ke otak terdukung dengan asupan zat gizi yang mampu mendukung fungsi saraf otak. Sehingga memori atau ingatan yang ada di otak menjadi lebih baik.

Untuk itu penting bagi kita mengetahui apa saja makanan yang mampu meningkatkan memori otak. Dilansir dari Eatright.org, empat jenis bahan makanan yang mendukung memori otak, adalah:

1. Buah jenis beri

Golongan buah beri-berian mampu meningkatkan fungsi memori otak. Kandungan antosianin dan flavonoid lainnya yang ada pada buah beri, misalnya blackberi, blueberi atau ceri menjadi zat utama yang memengaruhi fungsi memori otak. 

Dilansir doktersehat, pilih buah tersebut dalam kondisi matang dengan warna yang cukup gelap agar manfaatnya lebih maksimal.

2. Kacang walnut

Selain dikenal baik untuk kesehatan jantung, kacang walnut ternyata bermanfaat untuk otak. Kandungan protein dan lemak pada kacang walnut menjadi asupan yang baik untuk perkembangan fungsi memori otak.

3. Omega 3

Omega 3 sudah terkenal dengan manfaatnya untuk otak. Kandungan omega 3 dan DHA mampu mendukung fungsi saraf otak secara keseluruhan termasuk untuk memori. 

Umumnya kita beranggapan bahwa asupan omega 3 hanya dari suplemen, namun sebenarnya suplemen omega 3 hanya dianjurkan jika kita kesulitan memenuhi kebutuhan omega 3 dari makanan.

4. Sayur-sayuran

Sayur utamanya jenis cruciferous, yang memiliki banyak kandungan serat, vitamin dan fitonutrien , sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dalam mendukung fungsi memori otak. Sayuran jenis cruciferous misalnya brokoli, kubis, sayur berdaun hijau gelap dan kale.