Kamis, 12 April 2018 15:14 WITA

Kacang Hitam, Lebih Bergizi dan Bermanfaat untuk Tubuh

Editor: Adil Patawai Anar
Kacang Hitam, Lebih Bergizi dan Bermanfaat untuk Tubuh

RAKYATKU.COM - Sudah pernahkah anda mendengar kacang hitam? Meskipun belum populer, namun kacang hitam ini sudah banyak diteliti untuk menjadi pangan fungsional dan dilihat manfaatnya dalam mengatasi berbagai penyakit. Apa sajakah itu?

Dilansir doktersehat.com, kacang hitam atau phaseolus vulgaris adalah salah satu jenis kacang yang banyak tumbuh di Bali, Nusa Tenggara, Jawa Barat dan Timur serta Sumatera. Produksinya kini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Keunggulan kacang hitam adalah kandungan gizinya yang lengkap dibandingkan dengan kacang jenis lain.

Kacang hitam memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari kacang merah. Selain itu dalam jumlah yang sama, kandungan energi dari kacang hitam lebih rendah dibandingkan kacang lain, sehingga kacang hitam lebih rendah kalori.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin dan fitonutrien yang ada pada kacang hitam, terbukti tinggi dan baik untuk tubuh hingga mampu mencegah terjadinya penyakit.

Penelitian yang dilakukan di Institut Pertanian Bogor (IPB) menyebutkan beberapa manfaat kacang hitam adalah:

1. Kaya antioksidan
Kandungan antioksidan yang tinggi pada kacang hitam tentu baik untuk tubuh. Seperti yang kita ketahui antioksidan berperan penting untuk melawan radikal bebas yang bisa mencegah berbagai penyakit.

2. Tinggi fitonutrien
Berbagai metode pengolahan kacang hitam mendukung kandungan gizinya menjadi lebih baik. Proses fermentasi pada kacang hitam akan meningkatkan aktivitas antioksidan, total fenolik serta antosianin yang berperan sebagai fitonutrien yang mampu mendukung fungsi sistem dan organ tubuh.

3. Mencegah kanker usus
Dua kandungan kacang hitam diatas tentu mendukung pencegahan terjadinya kanker. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 membuktikan bahwa konsumsi kacang hitam efektif mencegah risiko kanker utamanya kanker usus.

Selain tiga manfaat diatas, IPB telah meneliti bahwa tepung kacang hitam dapat dimanfaatkan sebagai substitusi tepung terigu. Kandungan protein pada olahan dari tepung kacang hitam terbukti lebih tinggi dibandingkan dengan dari tepung biasa.