Rabu, 11 April 2018 09:01 WITA

Waspada, 3 Jenis Makanan Ini Dapat Menurunkan Kesuburan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Waspada, 3 Jenis Makanan Ini Dapat Menurunkan Kesuburan
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi sebuah pasangan untuk memiliki keturunan adalah kesuburan.

Maka tak heran jika banyak pasangan yang berusaha untuk meningkatkan kesuburan mereka dengan berbagai cara, misalnya terapi ke seksolog atau memilih makanan yang sehat dan baik untuk meningkatkan kesuburan.

Mungkin Anda juga termasuk salah satu dari mereka yang berusaha untuk memiliki keturunan dengan cara terapi ke seksolog. Namun, usaha Anda tersebut akan menjadi sia-sia jika Anda masih belum bisa menjaga pola makan dan masih sering mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan kesuburan seperti berikut ini.

1. Cokelat

Cokelat merupakan salah satu makanan manis yang sangat disukai, terutama bagi kalangan wanita. Mereka percaya, dengan mengonsumsi cokelat saat sedang stres, maka stres tersebut akan hilang dan pikiran akan kembali tenang. 

Akan tetapi, siapa sangka dibalik rasanya yang manis dan enak, cokelat ternyata bisa menurunkan kesuburan karena mengandung kafein yang begitu tinggi. Untuk itu, cobalah untuk mengurangi konsumsi cokelat saat Anda sedang dalam program kehamilan.

2. Gula

Selain cokelat, gula juga termasuk makanan yang bisa menurunkan kesuburan. Hal ini disebabkan karena gula yang berlebih akan menyulitkan hormon reproduksi untuk berfungsi. 

Dilansir doktersehat, gula memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, namun mengonsumsi banyak gula juga tidak baik untuk kesehatan. Selain dapat menurunkan kesuburan, mengonsumsi gula terlalu banyak juga dapat menyebabkan risiko terkena penyakit diabetes.

3. Makanan Olahan

Saat Anda sedang malas untuk memasak lauk pauk, mungkin Anda akan memilih makanan olahan siap saji sebagai lauk pendamping nasi seperti nugget ayam atau makanan olahan lainnya. 

Seperti yang Anda ketahui, bahwa makanan olahan tidak baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung banyak MSG serta lemak trans yang sangat sulit untuk disingkirkan dalam tubuh. 

Akibatnya Anda akan mengalami kegemukan. Selain itu, makanan olahan juga dapat menganggu kesuburan Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda harus pintar memilih makanan sehat dan mengolahnya sendiri.