Selasa, 10 April 2018 10:18 WITA

Menangis Rupanya Bisa Menjaga Kesehatan Tubuh

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Menangis Rupanya Bisa Menjaga Kesehatan Tubuh
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Setiap orang pasti pernah menangis, baik karena hal yang menyedihkan maupun karena hal yang membahagiakan. Sebab, menangis tak mesti harus dikarenakan hal sedih, tapi juga bisa dikarenakan sebuah momentum suka cita yang membuat orang tak kuasa menahan rasa bahagianya.

Menangis sendiri ditandai dengan keluarnya air (kelenjar air mata) yang terletak di bagian atas mata. Air atau kelenjar tersebut, akan keluar setiap kali mata berkedip, karena saat itu pintu kelopak terbuka dan mengizinkan kelenjar untuk keluar. 

Maka tak heran, saat menangis, seseorang pasti merasakan berat pada matanya karena kelenjar air tersebut sudah siap untuk dikeluarkan.

Nah, bicara tentang menangis, kita mengenal tradisi bahwa menangis adalah hal yang tidak perlu dilakukan. Sampai-sampai ada sebuah istilah ‘cengeng’ yang ditujukan kepada seseorang yang sering menangis. Ya, kita diajarkan untuk tidak mudah menangis dan menjadi pribadi yang lebih kuat dalam menghadapi berbagai masalah.

Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya menangis juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh? Baru-baru ini ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Oklahoma mengenai fakta dan manfaat dari menangis. 

Dilansir doktersehat, dalam studi tersebut dijelaskan bahwa menangis adalah sesuatu yang dikarenakan oleh kesedihan. Kesedihan sendiri diciptakan karena bentuk emosi negatif yang harus dikeluarkan dalam tubuh.

Jika tidak dikeluarkan, maka emosi positif tersebut akan bersemayam di dalam tubuh sehingga bisa menganggu mental serta kognitif seseorang. Dengan kata lain, menangis juga bisa membuat orang menjadi lebih lega serta plong dari emosi negatif yang mengganggu. 

Dari beberapa responden, dapat dilihat hasil bahwa mereka yang mengeluarkan air mata (menangis) menjadi lebih baik kondisinya daripada mereka yang menahan air mata.

Maka dari itu, didapatkan sebuah hasil bahwa menangis adalah sebuah kondisi tubuh yang mencoba untuk mengeluarkan emosi negatif yang memenuhi otak serta pikiran. Sehingga harus cepat dikeluarkan dan jangan sampai disimpan ataupun ditahan.

Tags