Selasa, 10 April 2018 03:30 WITA

Ternyata, Penyakit Kelamin Juga Bisa Serang Mata

Editor: Aswad Syam
Ternyata, Penyakit Kelamin Juga Bisa Serang Mata
ilustrasi

RAKYATKU.COM – Bagi pelaku seksual atau pasangan yang sering melakukan hubungan seksual, pasti pernah merasa takut terkena penyakit menular seksual. Penyakit menular seksual  biasanya dapat menular melalui hubungan seksual tanpa pengaman yang menyerang area kelamin. Penyakit ini menyebabkan sensasi terbakar dan perih pada area kelamin saat buang air kecil.

Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa penyakit kelamin tidak hanya menyerang area kelamin saja, namun bisa menyerang mata Anda.

Dilansir dari doktersehat, penyakit kelamin yang menyerang mata tersebut dapat menyebabkan infeksi pada mata. Infeksi mata akibat penyakit kelamin, terjadi karena cairan vagina atau air mani dari pasangan tidak sengaja mengenai mata ketika mengalami ejakulasi di luar saat sedang melakukan hubungan seksual.

Selain itu, infeksi mata akibat penyakit kelamin juga bisa disebabkan karena jari tangan yang masih terkontaminasi cairan vagina atau air mani saat melakukan oral seks, lalu menyentuh mata tanpa dicuci terlebih dahulu sebelumnya. Penyakit kelamin yang menyerang mata di antaranya adalah klamidia, gonore, dan herpes simplex.

Untuk mengetahui ciri-ciri mata Anda telah terserang penyakit kelamin, adalah dengan memperhatikan tanda seperti mata merah, bengkak, dan terasa nyeri. Selain itu, mata yang terinfeksi penyakit kelamin, juga bisa belekan atau mengeluarka cairan kuning saat bangun tidur, dan lebih parah lagi mata bisa berdarah.

Tak hanya itu, mata juga akan mengalami masalah pada penglihatan yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang disebut dengan konjungtivitis. Konjungtivitis merupakan infeksi yang mengharuskan Anda untuk dirawat sedini mungkin karena dapat menyebabkan kebutaan. Konjungtivitis dapat diobati dengan cara memberikan obat tetes mata yang sudah diresepkan oleh dokter. Namun itu hanya berlaku untuk konjungtivitis yang diakibatkan oleh bakteri saja.

Jika penyebabnya adalah virus, obat tetes mata tidak akan mempan. Dokter akan memberikan resep obat tetes mata yang berfungsi untuk meningkatkan kelembapan mata. Sebelum terkena penyakit ini, Anda bisa menghindarinya dnegan cara menjaga kebersihan. Jika Anda sedang melakukan hubungan seksual dengan pasangan terutama seks oral, hindarilah menyentuh area mata sebelum Anda mencuci tangan.