Minggu, 08 April 2018 07:30 WITA

Seperti Apa Itu Diet Ular?

Editor: Andi Chaerul Fadli
Seperti Apa Itu Diet Ular?

RAKYATKU.COM - Sudah banyak jenis diet yang bermunculan saat ini. Salah satunya adalah diet ular yang disebut efektif menurunkan berat badan. 

Pada prinsipnya, diet ini mengikuti pola makan ular. Dikutip dari Women’s Health, pertama kali diperkenalkan oleh trainer bernama Cole Robinson. Mereka yang menjalani diet ini akan makan dalam porsi besar. Selanjutnya, Robinson menganjurkan berpuasa selama 36 jam atau seharian.

Tidak hanya ampuh menurunkan berat badan secara efektif, diet ular juga diklaim dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai dari diabetes tipe 2, peradangan hingga herpes.

Sayangnya, hal berbeda dikemukakan oleh seorang ahli nutrisi bernama Julie Uptown, yang tidak menganjurkan menjalani diet ular lantaran tidak ada bukti klinis. Senada, ahli nutrisi lain yaitu Beth Warren, mengatakan bahwa meskipun orang sehat bisa hidup dua hari tanpa makan, tidak ada bukti manfaat dari diet ini selain kelaparan.

“Tidak. Saya tidak akan merekomendasikan diet seperti ini kepada siapa saja, bahkan dalam jangka pendek sekalipun. Apalagi tidak ada bukti klinis akan diet ini. Orang yang melakukan diet ini hanya makan sekali sehari, lalu puasa 36-48 jam. Orang yang melakukan itu pasti bakal turun berat badannya,” kata Julie.

Meski berat badan turun, namun hal ini tidak akan bertahan lama. “Saat Anda makan lagi seperti biasa, berat badan akan kembali, bahkan berat badan lebih berat dari sebelum diet,” tutur Beth. ** Baca juga: Amankah Konsumsi Buah Sebelum Tidur?

Sebagai alternatif, Julie menyarankan untuk makan malam lebih awal untuk menurunkan berat badan. Ini dinilai lebih efektif dibandingkan diet ular. “Puasa dari awal malam hingga esok pagi secara klinis terbukti efektif menurunkan berat badan,” katanya lagi.

Berita Terkait