Sabtu, 07 April 2018 14:44 WITA

Kunyit Sebagai Ramuan Herbal Atasi Infeksi Cacing Pita

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Kunyit Sebagai Ramuan Herbal Atasi Infeksi Cacing Pita

RAKYATKU.COM - Sejumlah obat-obatan serta bahan alami diketahui dapat membantu mengatasi infeksi cacing pita pada usus. Ramuan kunyit, salah satu bahan alami yang bisa digunakan. 

Kunyit memang dikenal sebagai tanaman herbal dengan segudang manfaat untuk kesehatan. Tanaman akar ini mengandung zat aktif kurkumin, yang bekerja sebagai antioksidan, untuk mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh akibat radikal bebas.

"Para pakar kesehatan percaya, ekstrak kunyit memiliki efek antioksidan, koleretik (menstimulasi aliran empedu), kolekinetik (menstimulasi kontraksi kantong empedu), antiradang, antikanker, antimikroba, dan antiradang," ujar dr Nitish Basant Adnani, yang dikutip dari Klik Dokter.

Saat cacing pita bergerilya di dalam tubuh Anda, khususnya usus, dan menimbulkan infeksi, maka khasiat kunyit sebagai antibakteri dan penyembuh radang akan bekerja. 

Jadi, dengan mengonsumsi kunyit, efek negatif dari infeksi cacing tersebut seperti sakit maupun hingga diare dapat diperkecil.

Cara mengonsumsi kunyit untuk mengatasi infeksi cacing pita, ini sangat lah mudah. Yakni memeras parutan kunyit dan mencampurnya dengan bahan lain, seperti rebusan air asam, gula jawa, hingga madu.

Namun, perlu Anda ingat, meski kunyit dapat memberikan manfaat yang signifikan untuk membantu mengatasi masalah infeksi cacing pita, konsumsinya tetap harus dibarengi dengan obat-obatan pembasmi cacing pita seperti albendazole dan sejenisnya. Jika setelah konsumsi gejala tak kunjung mereda, jangan ragu berobat ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.