Jumat, 06 April 2018 16:14 WITA

Punya Segudang Manfaat, Kunyit Juga Ampuh Atasi Diare

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Punya Segudang Manfaat, Kunyit Juga Ampuh Atasi Diare

RAKYATKU.COM - Sudah menjadi rahasia umum jika kunyit memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat kunyit sudah teruji oleh berbagai penelitian medis. 

Menurut dr Nitish Basant Adnani dari Klik Dokter, para pakar kesehatan berpendapat bahwa ekstrak kunyit ini memiliki efek yang dapat menstimulasi aliran empedu, merangsang kontraksi kantong empedu, antiradang, antikanker, dan antimikroba.

Keuntungan ini dapat dicapai melalui konsumsi kunyit dalam bentuk makanan, dengan dosis yang rendah, serta dalam jangka waktu yang lama.

Saking kayanya manfaat kunyit, tanaman rimpang ini dapat Anda manfaatkan dalam bentuk apa pun, mulai dari sebagai minuman, pewarna makanan, hingga untuk perawatan alami untuk kulit. 

Tetapi, perlu diketahui jika kunyit juga ampuh dalam mengatasi diare hingga mengurangi gejala terkait, seperti sindrom iritasi usus dan kolitis ulseratif. Penggunaannya pun beragam, tetapi yang lebih populer adalah diseduh lalu diminum.

Caranya cukup mudah, kupas dan bersihkan kunyit sebesar dua ruas buku tangan, lalu parut dan tambahkan air matang. Peras air kunyit, diamkan dan ambil air beningnya. Minumlah dua kali sehari, sebelum makan pagi dan malam sebelum tidur. Anda juga bisa menambahkan bahan lain yang mampu menaikkan cita rasa, seperti madu dan lemon. Ada juga yang dicampurkan dengan rebusan air asam.

Kemampuan kunyit untuk membantu pencernaan juga berperan dalam menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh. Kadang-kadang, bakteri di usus seperti salmonela dapat menyebabkan diare, dan kunyit dapat menjadi salah satu solusi terbaik dalam meringankan diare akibat bakteri salmonela.