Kamis, 05 April 2018 04:00 WITA

Malu karena Kusam, Bahan Dapur Ini Efektif Mencerahkan Kulit Ketiak

Editor: Abu Asyraf
Malu karena Kusam, Bahan Dapur Ini Efektif Mencerahkan Kulit Ketiak
Kentang dipercaya efektif mencerahkan kulit ketiak.

RAKYATKU.COM - Ketiak memang tersembunyi. Namun, jika kulitnya kusam tetap saja membuat orang tak nyaman. Apalagi bagi orang yang gemar mengenakan singlet atau busana berlengan sangat pendek. Ternyata untuk mencerahkannya, tidak perlu biaya mahal.

Ada sejumlah bahan dapur yang ternyata efektif mencerahkan kulit ketiak. Bahan-bahan tersebut juga dipercaya tanpa efek samping. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Kentang 

Umumnya ketiak kusam akibat sel-sel kulit mati yang menumpuk di area tersembunyi ini. Nah, kentang yang mengandung vitamin C dan antioksidan ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga bermanfaat mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit pada area ketiak. 

Cara menggunakan: 
-    Parut 1/2 buah kentang atau secukupnya. 
-    Gosokkan parutan kentang pada area ketiak yang kusam seperti halnya Anda melakukan scrub.
-    Diamkan 10-15 menit. Kemudian bersihkan dengan air hangat. 
-    Lakukan 3 kali dalam seminggu. 

2. Mentimun 

Manfaat mentimun bagi kecantikan sudah dikenal luas. Di antaranya mengencangkan dan menyegarkan kulit. Di samping itu, vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya, yakni vitamin A, B2, dan C, dipercaya mampu mencerahkan kembali kulit yang kusam. Demikian dengan area ketiak Anda. 

Cara menggunakan: 
-    Parut 1/4 bagian dari mentimun atau secukupnya. 
-    Tambahkan sedikit perasan jeruk nipis pada parutan mentimun. Perasan jeruk nipis ini memaksimalkan efek pembersihan.
-    Aplikasikan parutan ini pada area ketiak yang gelap dan diamkan 30 menit. 
-    Bersihkan dengan air hangat. Lakukan setiap hari untuk hasil maksimal. 

3. Lemon

Kandungan asam sitrat pada buah lemon berkhasiat mencerahkan dan membunuh bakteri yang menempel di area ketiak. Karena daerah ketiak tersembunyi dan jarang terkena cahaya, bakteri mudah sekali menumpuk, demikian dengan sel kulit mati. Untuk eksfoliasi maksimal, Anda bisa menambahkan sedikit gula saat melakukan perawatan dengan lemon. 

Cara menggunakan:
-    Bagi lemon menjadi 2-4 irisan. 
-    Bubuhkan gula pada irisan lemon lalu gosokkan pada area ketiak yang kusam. Lakukan penggosokan kurang lebih 5 menit. Kemudian diamkan 10 menit. 
-    Bilas bersih dengan air dingin. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.