Kamis, 15 Maret 2018 08:01 WITA

Cara Minum Madu yang Benar dan Manfaatnya untuk Kecantikan 

Editor: Abu Asyraf
Cara Minum Madu yang Benar dan Manfaatnya untuk Kecantikan 
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Banyak orang yang mengonsumsi madu secara serampangan. Ternyata kesembuhan penyakit seseorang juga sangat ditentukan dari cara mengonsumsi obat yang berasal dari perut lebah ini.

Kepala Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat (BKMT) Makassar Dr dr Anna Khuzaimah mengatakan, untuk menyembuhkan penyakit, madu harus diminum dengan cara yang tepat. Jika tidak, maka hasilnya tidak akan maksimal.

Menurut dr Anna, madu sebaiknya dicampur air putih hangat atau dingin terlebih dahulu. Hal ini ditujukan agar madu jadi lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh.

"Kalau orang pakai madu dicampur-campur untuk mengambil manisnya saja sebetulnya boleh. Ada manfaat dari nutrisinya tetapi tentu akan ada beberapa yang tidak terabsorbsi dengan baik. Kalau memang mau memaksimalkan fungsi madu pakai air putih," kata dr Anna seperti dikutip dari detikHealth beberapa waktu lalu.

Selain itu lebih jauh dr Anna menyarankan juga agar madu dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Fungsinya sekali lagi supaya nutrisi dapat diserap maksimal karena berinteraksi dengan enzim di perut.

"Kalau minum saat perut kita terisi penuh itu tidak akan maksimal. Karena madu jadi tidak akan berinteraksi penuh dengan enzim di perut," kata dr Anna.

"Telan pelan-pelan, dikulum, supaya cairan madu dapat melapisi seluruh saluran cerna. Kalau di luar negeri pasien radioterapi suka diberi madu supaya luka di mulut dapat cepat sembuh," jelas dr Anna.

Madu untuk Kecantikan Wajah dan Bibir

Madu juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Bahan alami ini sudah dibuktikan sejumlah wanita. Syaratnya, harus rajin digunakan. Berikut ini sejumlah manfaat madu untuk kecantikan wajah dan bibir:

1. Melembapkan Kulit

Salah satu kandungan yang dimiliki madu ialah ia mampu mengikat zat air sehingga dapat melembabkan kulit wajah dari dalam. Penggunaanya cukup praktis yaitu dengan mengoleskan madu pada bagian wajah secara merata. Untuk memperoleh hasil yang maksimal Anda bisa menambahkan dua sendok susu.

Lalu diamkan saja selama 10 menit. Baru kemudian bersihkan wajah dengan air hangat dan terakhir keringkan dengan handuk halus. Lakukan hal ini setiap hari sebelum tidur. Lihat perubahan yang terjadi selama sepekan.

2. Memutihkan Kulit Wajah

Manfaat selanjutnya dari madu ialah mampu memutihkan kulit wajah. Ya, karena madu memiliki fungsi dapat mengangkat sel-sel wajah yang telah rusak sehingga dapat memutihkan kulit wajah secara lebih efektif.

Caranya yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan madu, oatmeal, almond dan teh air lemon ke dalam satu wadah. Setelah itu aduk campuran tersebut hingga merata. Setalah itu oleskan secara halus ke permukaan wajah dengan menggunakan jari jemari.

Kemudian diamkan selama lebih kurang 10 menit. Hingga ramuan meresap ke permukaan kulit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat dan dikeringkan dengan handuk halus.

3. Menghilangkan Jerawat dan Noda Bekas Jerawat

Tentu kita merasa kesal jika ada jerawat yang menempel di sekitaran wajah. Kondisi seperti ini bisa membuat kita merasa tidak percaya diri. Oleh karenannya, untuk mengatasi hal ini maka bisa memanfaatkan madu untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain itu noda bekas jewarat juga bisa dihilangkan menggunakan madu. Cara cukup sederhana yaitu dengan menyiapkan madu dalam kondisi hangat. Lalu oleskan pada bagian noda jerawat.

Diamkan saja selama 2-3 jam. Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk halus. Agar memperoleh hasil yang maksimal lakukan hal ini setiap hari.

4. Membersihkan Wajah

Aktivitas yang padat ditambah lagi jika pekerjaan seharian berada di luar rumah (baca: outdoor) tentu wajah akan terlihat kusam bahkan banyak debu-debu yang menempel. Apabila ini dibiarkan maka wajah akan tampak tua dan pucat.

Caranya sangat gampang sediakan satu sendok makan madu, putih telur dan gliserin. Campurkan tiga bahan ini dalam satu wadah dan aduk hingga merata. Kemudian oleskan ramuan tersebut ke bagian wajah hingga leher. Terakhir diamkan saja selama 5-10 menit, baru kemudian dibilas dengan air hangat dan dikeringkan dengan handuk halus.

5. Mencegah Penuaan pada Kulit Wajah

Semua orang tentu ingin memiliki wajah yang kelihatan mudah. Karena dengan begitu ia akan kelihatan masih segar. Untuk dapat memilikinya maka Anda tidak perlu menggunakan produk kecantikan yang mahal.

Namun cukup menggunakan madu saja. Caranya sediakan dua sendok makan madu dan air lemon. Campurkan kedua bahan tersebut dan tambahkan sedikit air lalu aduk hingga rata.

Nah,selanjutkan oleskan ramuan tersebut ke bagian wajah. Diamkan sekitar 5-10 menit. Baru kemudian dibilas dengan air. Setelah itu keringkan dengan handuk halus. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

6. Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah

Pori-pori besar penyebab timbulnya jerawat karena tersumbatnya pori-pori oleh debu dan kotoran. Ternyata kandungan madu sangat efektif untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Caranya, siapkan lima sendok makan madu, dua sendok makan susu bubuk, dan dua sendok makan oatmeal.

Campurkan ketiga bahan itu lalu aduk hingga rata. Oleskan pada seluruh permukaan wajah hingga leher. Lakukan sedikit pemijatan pada kulit wajah. Diamkan selama 15 menit, bersihkan wajah dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk halus.

7. Mengobati Bibir Kering

Kegunaan dan manfaat madu untuk wajah dan bibir selanjutnya adalah untuk mengobati bibir kering. Bibir kering dapat memicu timbulnya sariawan pada mulut, kamu dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan madu. 

Caranya, siapkan satu sendok makan madu. Panaskan madu hingga berbusa. Oleskan madu hangat itu pada bagian bibir yang kering. Diamkan selama 20-30 menit, bilas bibir dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin selama seminggu.

8. Memerahkan Warna Bibir

Bibir gelap dan hitam dapat merusak penampilan kamu tetapi, masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan madu. Caranya, siapkan satu sendok makan madu.
Oleskan pada bagian seluruh bibir. Diamkan selama 15-20 menit, bilas bibir dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.