Rabu, 14 Maret 2018 17:08 WITA

Cara Bersihkan Paru-paru dari Racun Rokok

Editor: Adil Patawai Anar
Cara Bersihkan Paru-paru dari Racun Rokok

RAKYATKU.COM - Rokok adalah salah satu penyebab datangnya berbagai penyakit berbahaya, mulai dari kanker, jantung, impotensi, serta komplikasi yang mengancam nyawa. Maka tak heran jika berbagai pihak terus mengeluarkan wejangan untuk berhenti merokok, baik itu dari pemerintah maupun dari lembaga tertentu.

Sayangnya, gaya hidup saat ini sudah semakin ekstrem yang membuat semua orang tak bisa menghindar dari asap rokok, meskipun dia bukan perokok aktif.

Dilansir doktersehat, ancaman kesehatan bukanlah pada mereka yang merokok, tapi juga untuk mereka yang tidak merokok atau perokok pasif sebab lingkungan sudah terkontaminasi oleh asap rokok yang mengandung racun berbahaya. Artinya, perokok aktif dan pasif sama-sama memiliki risiko terkena penyakit mematikan.

Namun, Anda tidak usah terlalu khawatir mengenai hal ini. Setelah berusaha menghindar dari asap rokok, ada lagi cara efektif yang bisa menyelamatkan Anda. Apa itu? membuang dan membersihkan paru-paru dari asap rokok. Dengan terbebasnya paru-paru dari asap rokok, maka risiko terkena penyakit mematikan tersebut bisa diminimalkan lagi.

Berikut 3 cara membersihkan paru-paru dari asap rokok:

1. Konsumsi Jahe
Sampai saat ini, jahe dipercaya sebagai obat herbal yang bisa membersihkan paru-paru dari racun rokok yang menempel.  Jahe memiliki beberapa kandungan yang bisa mengurangi polutan dari udara yang dihirup seseorang sebelum sampai pada paru-paru. Selain itu, jahe juga memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang bisa membantu bronchial dalam menghilangkan zat berbahaya di paru-paru. Maka tak heran, orang yang rutin mengonsumsi jahe biasanya merasakan lega dalam pernapasan.

2. Perbanyak Air
Jika Anda sering terkena asap rokok dalam rutinitas sehari-hari, maka sangat disarankan untuk perbanyak minum air putih. Dari hasil penelitian, dikatakan jika air putih merupakan salah satu cara ampuh yang bisa mengurangi nikotin di dalam paru-paru. Selain itu, bahaya asap rokok juga bisa mengancam daerah tenggorokan. Maka, air putih adalah obatnya. Saat minum air putih, racun yang menempel pada tenggorokan akan ikut hanyut ke dalam dan diubah menjadi keringat.

3. Perbaiki Kualitas Udara
Yang terakhir ini adalah cara yang cukup ampuh dan sampai saat ini digunakan oleh penderita penyakit paru-paru. Memperbaiki kualitas udara yang dimaksud adalah menjaga lingkungan agar tetap asri dengan ditanami tumbuhan. Dengan begitu, udara yang Anda hirup akan menjadi lebih segar dan kaya akan oksigen. Tentunya hal tersebut akan membantu dalam proses pembuangan racun di dalam tubuh, khususnya paru-paru.