Rabu, 14 Maret 2018 14:02 WITA

Apa Sebenarnya ALS? Penyakit yang Diidap Stephen Hawking

Editor: Nur Hidayat Said
Apa Sebenarnya ALS? Penyakit yang Diidap Stephen Hawking
Stephen Hawking. (FOTO: HUFFINGTON POST)

RAKYATKU.COM - Ahli fisika dan kosmologi Stephen Hawking dilaporkan meninggal dunia, Selasa waktu setempat (13/3/2018) di usia 76 tahun. Hawking mengidap penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) sejak 1963.

Biar begitu, ia tetap melanjutkan studinya di Cambridge University dan mengantarkannya sebagai salah satu fisikawan paling berpengaruh sejak masa Albert Einstein. Apa sebenarnya ALS?

Dilansir Wikipedia, ALS adalah penyakit degeneratif yang menyerang saraf dan sampai saat ini belum bisa disembuhkan. Penyakit ini pada akhirnya bisa menimbulkan menurunnya kemampuan fungsi otot hingga kelumpuhan. 

Penyakit ini belum bisa disembuhkan, tetapi sudah ada obat yang ditemukan untuk menghambat penyakit tersebut agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

ALS juga dikenal dengan penyakit Lou Gehrig. Diambil dari nama atlet baseball ternama Amerika Serikat yang mengalami penyakit ini sekitar 1930-an. 

Untuk penyebabnya, belum diketahui secara pasti. Sekitar 10 persen dari kasus yang terjadi, ditemukan adanya mutasi genetik yang menyebabkan pembentukan suatu protein yang sifatnya merusak sel saraf.

Kemungkinan lain seperti kelebihan glutamat, gangguan sistem imun, gangguan pada mitokondria, serta stres oksidatif disebut sebagai beberapa hal lainnya yang juga memicu kondisi tersebut.