Rabu, 14 Maret 2018 13:32 WITA

Dianggap Sepele, 4 Hal Ini Bisa Menguras Energi Anda

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Dianggap Sepele, 4 Hal Ini Bisa Menguras Energi Anda
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Kebanyakan orang berpikir jika energi tubuh bisa habis jika kita melakukan aktivitas fisik yang berat. Padahal, ada banyak sekali hal-hal yang sepertinya tidak melelahkan namun bisa membuat energi terkuras.

Dilansir doktersehat, disebutkan bahwa hal-hal ini tanpa kita sadari bisa membuat kita kehabisan energi dengan cepat.

1. Stres

Pekerjaan sedang sangat berat atau deadline yang sangat ketat bisa membuat kita mengalami stres. Meski kita tidak banyak melakukan aktivitas fisik saat bekerja, keberadaan stres ini mampu meningkatkan kadar hormon kortisol dengan signifikan.

Memang, hormon ini bisa membuat energi tubuh meningkat. Namun, tubuh tidak mampu mempertahankan energi ini dan akhirnya energi dalam tubuh habis.

Untuk mengatasinya, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi teh hijau yang bisa menyediakan kadar kafein dengan cukup dan tidak berlebihan, sehingga membuat kita lebih fokus dan tenang.

2. Sarapan pagi

Bukannya sarapan pagi justru menyediakan energi bagi tubuh? Jika kita hanya mengonsumsi karbohidrat tanpa diimbangi dengan nutrisi lainnya, maka sebelum jam makan siang tubuh akan seperti kehilangan energi dan mengantuk.

3. Otak penat

Sebagaimana stres, otak yang penat karena bosan, berpikir keras, atau karena sedang mengalami gangguan mental juga bisa memengaruhi energi pada tubuh. Kebanyakan penderita gangguan mental seperti depresi memang cenderung memiliki keinginan berlebih untuk tidur karena tubuh yang selalu terasa lelah.

4. Minum kopi

Bukankah kopi bisa membuat kita menghilangkan kantuk dan meningkatkan energi? Jika kita mengonsumsinya di waktu yang tidak tepat, seperti di pagi hari misalnya, tubuh justru akan mengalami lonjakan kadar gula darah yang terlalu banyak untuk waktu yang singkat. Setelahnya, tubuh, kadar gula akan menurun drastis dan kita pun akan kehilangan energi dengan cepat.