Senin, 12 Maret 2018 08:00 WITA

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

RAKYATKU.COM - Siapa sih yang tidak kenal dengan minyak kelapa? Hampir setiap orang pasti sudah tahu dan pernah menggunakan minyak kelapa dalam masakan mereka. 

Namun jika selama ini Anda mengenal minyak kelapa sebagai bahan untuk memasak, coba pikir kembali. Ternyata ada banyak manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan Anda, lho!

1. Sebagai Masker Rambut

Anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai masker rambut. Setelah keramas, oleskan minyak kelapa pada rambut yang masih basah dan diamkan selama lima menit sebelum membilasnya. Cara ini akan membuat rambut anda menjadi lembab dan berkilau.

2. Sebagai Pembersih Makeup

Anda juga bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk membersihkan makeup. Bahkan makeup waterproof juga akan hilang dengan menggunakan bahan ini. Anda hanya perlu memijatkan minyak kelapa pada wajah kemudian bershkan dengan kapas.

3. Pemutih Gigi

Manfaat selanjutnya adalah sebagai pemutih gigi. Caranya berkumurlah dengan beberapa sendok minyak kelapa dalam mulut selama 20 menit, lalu buang dan berkumurlah dengan udara. 

Ingat, jangan menelan minyak kelapa yang anda gunakan untuk berkumur! Teknik ini juga biasa disebut sebagai oil pulling . Cara ini tidak hanya bisa dibuat gigi lebih bersih, tapi juga bersih racun pada gigi dan gusi.

4. Sebagai Body Scrub

Untuk kulit yang lembut dan lembab, gunakan minyak kelapa sebagai scrub badan. Campurkan minyak kelapa dengan gula organik, lalu scrub seluruh tubuh. Selanjutnya, bilas dengan air hangat.

5. Krim Tangan

Untuk tangan yang lembut dan kuku yang cantik, gunakan minyak kelapa sebagai krim tangan. Oleskan sedikit campuran minyak kelapa dan minyak vitamin E pada daerah kutikel dan diamkan selama beberapa menit sampai menyerap. Cara ini akan membuat kamu tetap lembab, terlihat lebih lembab dan cantik.

Yang perlu diingat, sebelum menggunakan minyak kelapa untuk rutinitas kecantikan Anda, pastikan untuk memilih minyak kelapa yang masih alami ya. Pilih produk bertuliskan extra virgin coconut oil dan tidak memiliki tambahan parfum atau pewarna.