Sabtu, 10 Maret 2018 19:26 WITA

Makan Banyak Tapi Tidak Gemuk? Ini Penyebabnya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Makan Banyak Tapi Tidak Gemuk? Ini Penyebabnya
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Mungkin Anda pernah melihat atau mengalami sendiri, ada seseorang yang makan banyak tapi tetap kurus dan tidak bertambah berat badannya. Hal tersebut sering membuat iri, sebab orang itu bisa menikmati berbagai macam makanan tanpa harus takut badan gemuk.

Tapi tahukah Anda, apa yang menyebabkan orang tersebut tetap kurus walau makan banyak? Jika Anda mulai bertanya-tanya, berikut 4 penyebabnya:

1. Faktor Genetik

Faktor yang satu ini tidak bisa disangkal lagi. Jika seseorang memiliki genetik atau berasal dari keturunan yang kurus, maka sulit bagi dia untuk menambah berat badan tubuh.

Sehingga sebanyak apapun yang dimakan, tidak akan berpengaruh ke bentuk tubuhnya. Hal ini biasa disebut dengan Ectomorf, yakni seseorang yang dilahirkan dengan gen kurus.

2. Metabolisme Tinggi

Hal lain yang membuat seseorang tetap kurus walau makan banyak adalah sistem metabolisme di dalam tubuhnya sangat tinggi. Setelah makan, makanan tersebut langsung dibakar dan diproses menjadi energi. Maka tidak akan ada lemak yang tersisa karena proses pembakarannya terbilang cepat bila dibandingkan orang lain pada umumnya.

3. Stres atau depresi

Pernahkah Anda mengalami kelainan secara mendadak saat sedang stres atau depresi? Misalkan rasa mulas dan ingin BAK serta BAB. Jika pernah, maka itulah salah satu alasan yang membuat orang tetap kurus walau makannya banyak.

Proses pencernaan akan terjadi lebih cepat jika psikologis seseorang terganggu. Maka dari itu, tak heran jika orang tetap kurus walau makan banyak saat sedang stres atau depresi.

4. Kelelahan

Orang yang memiliki rutinitas padat cenderung tidak memperhatikan pola makannya. Kadang sekali makan, langsung dengan porsi besar. Kadang pula tidak makan sampai seharian.

Dilansir doktersehat, yang mengherankan kenapa orang seperti ini tidak kunjung gemuk padahal makan dengan porsi besar? Salah satu alasannya adalah karena rutinitas tersebut yang membantu tubuh membakar kalori lebih cepat bila dibandingkan dengan orang tanpa aktivitas.