Jumat, 09 Maret 2018 15:08 WITA

Sehat Dengan Bernyanyi

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Sehat Dengan Bernyanyi

RAKYATKU.COM - Melakukan aktivitas bernyanyi memiliki mekanisme pada tubuh yang mirip dengan saat berolahraga. Ketika bernyanyi, Anda akan mengatur aliran pernapasan, serupa seperti saat Anda berolahraga. Tubuh Anda akan menghirup oksigen lebih banyak dan bernyanyi juga dapat merangsang aliran darah ke seluruh tubuh. 

Aliran yang lancar dari darah yang kaya akan oksigen akibat bernyanyi, tentu dapat melancarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh, salah satunya otak. Selain membuat Anda lebih semangat, aliran darah kaya oksigen yang banyak ke otak dapat membuat lebih konsentrasi dan memiliki daya ingat yang lebih baik. Kondisi tersebut tentu juga dapat membantu menangani badan lemas.

Kemudian, ketika bernyanyi, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, yang dapat menimbulkan perasaan bahagia di dalam tubuh. Tak hanya itu, bernyanyi juga dipercaya dapat memperbaiki mood. Hal itu dapat membantu agar energi dalam tubuh Anda terjaga.

Bahkan dengan bernyanyi Anda bisa mengatasi stress, karena saat Anda sedang bernyanyi, hal tersebut dapat menyebabkan kadar kortisol menurun di dalam darah. Kortisol merupakan hormon yang dapat menimbulkan rasa stres di dalam diri Anda. Selanjutnya, ketika stres sudah diatasi, maka badan yang terasa lemas dan lebih sehat.

Disamping itu, aktivitas bernyanyi ini juga dapat meningkatkan kecerdasan otak. Ketika bernyanyi, otak kanan Anda akan bekerja, kemudian jaringan di otak juga akan bekerja dengan cara yang lebih beragam. Hal inilah yang dapat memengaruhi kecerdasan Anda.