Sabtu, 10 Maret 2018 08:00 WITA

4 Jenis Teh ini Sangat Sehat Menurunkan Berat Badan

Editor: Adil Patawai Anar
4 Jenis Teh ini Sangat Sehat Menurunkan Berat Badan

RAKYATKU.COM – Baru-baru ini, tren menurunkan berat badan dengan minuman teh sangat populer di kalangan anak muda. Pasalnya, mereka mempercayai jika jenis teh tertentu bisa membantu proses pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh sehingga secara ceat bisa menurunkan berat badan.

Tapi tidak sedikit pula dari mereka yang merasa kecewa karena tidak ada hasil yang didapatkan setelah rutin mengkonsumsi jenis teh tersebut. Pada kasus lain, ada pula yang justru merasakan penurunan daya tahan tubuh akibat teh yang ternyata tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara terus-menerus.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang mengikuti tren tersebut, alangkah baiknya jika Anda mengetahui jenis teh mana yang benar-benar bisa menurunkan berat badan agar hasilnya pun maksimal. Berikut 4 jenis teh yang bisa menurunkan berat badan secara aman.

1. Teh Putih
Jenis teh ini sudah lama dipercaya bisa menurunkan berat bada secara optimal dan aman. Pada tahun 2009, jurnal penelitian Nutrition & Metabolism mengatakan jika jenis teh ini bisa mengikis sel-sel lemak pada tubuh dan mencegah terjadinya akumulasi pada jaringan lemak. Hal tersebut dikarenakan teh putih memiliki antioksidan yang cukup tinggi yang biasa disebut ECGC.

2. Teh Yerba Mate
Mungkin jenis teh ini sedikit asing menurut Anda. Sebab, teh ini berasal dari dedaunan pohon mate yang hanya tumbuh di hutan Amerika Selatan. Kandungannya sendiri meliputi kafein, theophylline, dan theobromine. Menurut jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine pada 201 lalu, teh ini memiliki kemampuan menurunkan lemak orang-orang obesitas hanya dalam kurun waktu 12 minggu.

3. Teh Chamomile
Untuk jenis teh yang satu ini memang sudah terpercaya dan direkomendasikan oleh pakar kesehatan dunia. Teh Chamomile merupakan teh herbal yang memiliki kandungan apigenin. Kandungan apigenin sendiri bersifat menenangkan sehingga sangat cocok diminum menjelang tidur. Sebab, dengan kualitas tidur yang baik maka akan membantu tubuh untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

4. Teh Hijau
Bagi Anda penggemar teh, tentunya sudah tahu betul dengan jenis teh yang satu ini. Ya, teh hijau adalah jenis teh yang mengandung banyak ECGC. Dari hasil penelitian jurnal International Journal of Obesity, kandungan kafein dan ECGC pada teh hijau terbilang cukup manjur dalam menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan kafein pada teh ini tidak terlalu banyak maka bisa diminum kapanpun tanpa takut mengganggu waktu tidur.