Selasa, 14 Juni 2016 16:29 WITA

Antibiotik dapat Mengurangi Manfaat ASI

Editor: Suriawati
Antibiotik dapat Mengurangi Manfaat ASI

RAKYATKU.COM - Penggunaan antibiotik dapat mengurangi manfaat ASI (Air Susu Ibu), menurut sebuah studi baru.

Para peneliti menemukan bahwa bayi yang diberi antibiotik ketika mereka masih disusui atau sesudahnya, rentan terhadap infeksi dan obesitas.

"ASI tidak seperti susu formula, bayi menerima bakteri dari susu ibu dan gula khusus yang mempromosikan pertumbuhan bakteri tertentu," jelas pemimpin peneliti Katri Korpela, dari program penelitian Immunobiology di University of Helsinki di Finlandia.

Temuan ini menunjukkan bahwa manfaat kesehatan menyusui sebagian besar bisa membantu bayi mengembangkan bakteri usus (mikrobiota), dan bahwa antibiotik mengganggu perkembangannya.

Namun, penelitian ini tidak dapat membuktikan hubungan sebab-akibat antara penggunaan antibiotik dini dan infeksi dan obesitas.

Dalam studi tersebut, Korpela dan rekan-rekannya mengumpulkan data 226 anak-anak Finlandia yang telah mengambil bagian dalam percobaan probiotik dari 2009 ke 2010. Ibu anak-anak itu menjawab pertanyaan tentang menyusui, dan penggunaan antibiotik.

Baca juga: Ajaib! Wanita Mati Otak Melahirkan Bayi Sehat

loading...

Hampir 97 persen dari bayi yang diberi ASI selama setidaknya satu bulan, dan periode menyusui rata-rata keseluruhan adalah delapan bulan.

Para peneliti menemukan bahwa di antara 113 bayi yang tidak diberi antibiotik sebelum dan setelah berhenti menyusui, dikaitkan dengan infeksi yang lebih sedikit.

Baca juga: Bayi yang Lahir Terlambat Diyakini Lebih Cerdas

Sementara pada 113 bayi yang diberikan antibiotik selama dan setelah berhenti menyusui, ditemukan infeksi yang lebih dan anak-anak lebih cenderung mengalami kelebihan berat badan.

Laporan ini dipublikasikan secara online 13 Juni di jurnal JAMA Pediatrics.

Loading...
Loading...