Selasa, 06 Maret 2018 12:49 WITA

Fakta Dibalik Pernyataan Madu Asli Tidak Dikerumuni Semut

Editor: Adil Patawai Anar
Fakta Dibalik Pernyataan Madu Asli Tidak Dikerumuni Semut

RAKYATKU.COM - Anda rutin minum madu? Ya, madu dinilai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, begitu banyak produk madu yang dijual di pasaran. Kita tidak tahu apakah produk madu tersebut benar-benar asli atau sudah dicampur dengan bahan-bahan lain, seperti gula.

Madu ‘Campur’ Kualitasnya Diragukan

Nah, madu yang sudah dicampur dengan gula tersebut tentunya menjadi kaya akan kandungan kalori dan mengalami penurunan kualitas. Tentu kita tak mau madu yang seperti itu ya? Alih-alih mendapat manfaat kesehatan, justru malah bisa meningkatkan risiko penyakit.

Mitos tentang Madu  

Ada yang menyebutkan, salah satu cara untuk menentukan keasliannya  adalah bila madu tersebut tidak dikerumuni semut. Madu yang sudah ditambahi gula lebih menarik perhatian semut.

Menurut pakar kesehatan, mitos ini ternyata tidak benar . Dalam realitanya, banyak peternak madu yang ternyata mengalami masalah dengan serangga berukuran kecil ini yang kerap menyerang kandang lebah yang memproduksi madu. Hal ini berarti, madu yang asli juga masih bisa menarik perhatian semut.

Apakah Madu bisa Basi? 

Mitos lain yang dipercaya oleh masyarakat adalah madu tidak akan basi. Memang, hal ini benar adanya. Namun, dengan catatan bahwa madu disegel dengan baik dan ditempatkan pada temperatur ruangan.

Jika madu disimpan di tempat yang cenderung lembab dan tidak disegel dengan baik, maka madu akan bisa kedaluwarsa.

Banyak juga orang yang menganggap warna madu menentukan kualitas madu. Padahal, dalam realitanya, warna madu ini dipengaruhi oleh sumber bunganya, bukan kualitas madu tersebut.

Madu yang Sudah Keras Kualitasnya Buruk?

Selain itu, informasi yang menyebutkan bahwa madu yang sudah mengkristal sebaiknya tidak lagi dikonsumsi juga tidak benar adanya. Madu hanya akan mengalami perubahan bentuk, namun kualitas dan nutrisi di dalamnya cenderung masih sama saja.

Pertanyaan lain yang masih mengganjal banyak orang adalah apakah penderita diabetes tidak boleh minum madu? Mengingat kini banyak sekali madu yang dicampur dengan gula, ada baiknya penderita diabetes memang tidak mengonsumsinya demi menjaga kadar gula dalam darah tetap normal.