Jumat, 02 Maret 2018 08:27 WITA

Ingin Wajah dan Rambut Bersih? Coba dengan Air Kelapa

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Ingin Wajah dan Rambut Bersih? Coba dengan Air Kelapa
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Sama seperti minyak kelapa dan susu, air kelapa ternyata juga bermanfaat bila dioleskan pada kulit dan rambut. Setiap pria dan wanita bisa menggunakan air kelapa untuk perawatan rambut dan tubuh, seiring penggunaan secara rutin, lama kelamaan mereka pasti akan melihat hasil yang indah.

Menggunakan air kelapa dalam perawatan kecantikan sangat bermanfaat. Komposisi air kelapa membuatnya sangat bagus dan ideal untuk perawatan kecantikan.

Air kelapa mengandung asam lemak omega 3, vitamin C, enzim, asam amino dan mineral seperti magnesium dan potassium. Berikut cara menggunakan air kelapa dalam rutinitas perawatan kecantikan Anda di rumah, seperti melansir Bold Ski:

1. Masker Wajah Air Kelapa

Cara pertama dan sederhana untuk menggunakan air kelapa di wajah adalah menyiapkan masker darinya. Bahan yang Anda butuhkan adalah bubuk kunyit, bubuk cendana dan air kelapa. Tambahkan satu sendok teh bubuk masing-masing dan kemudian, tiga sampai lima sendok makan air kelapa.

Campur ketiga bahan itu menjadi pasta. Aplikasikan di wajah dan leher Anda dan tunggu selama 20 menit. Cuci dengan air kelapa dulu lalu air hangat.

2. Masker Air Kelapa dan Multani Mitti

Untuk kemasan air kelapa, Anda hanya memerlukan dua bahan – multani mitti (atau Fuller’s Earth Clay) dan air kelapa. Rasio multani mitti dan air kelapa sebaiknya 1: 5. Campur multani mitti dan air kelapa menjadi pasta kental.

Loading...

Air kelapa multani mitti harus berwarna cokelat muda. Dilansir doktersehat, oleskan lapisan tipis ini ke seluruh wajah, leher dan tangan. Tunggu sampai kering lalu cuci dengan air kelapa. Akhiri proses dengan mencuci muka dengan air hangat.

3. Pembersih Wajah dari Air Kelapa

Jika menyiapkan paket air kelapa atau masker sepertinya prosesnya terlalu lama, cara yang lebih sederhana untuk melakukannya adalah mencuci wajah dengan air kelapa dua kali sehari. Anda bisa melakukan ini saat Anda bangun di pagi hari dan sebelum tidur. Cukup gunakan air kelapa untuk membersihkan wajah dan kulit Anda.

4. Air Kelapa untuk Rambut

Menggunakan air kelapa untuk rambut Anda, cukup membilasnya tidak akan membantu. Campur air kelapa dengan minyak pelarut (carrier oil). Dengan menggunakan ujung jari Anda,

Pijatlah campuran tersebut di rambut dan kulit kepala Anda. Ini memberi nutrisi pada kulit kepala, yang bisa mengatasi masalah kulit gatal atau kulit kepala yang kering. Air kelapa adalah obat untuk mengatasi ketombe.

Selain itu, air kelapa bisa menyingkirkan kutu rambut. Jadi menambahkan air kelapa ke dalam rutin perawatan rambut Anda sangat bermanfaat. Anda bisa menggunakan air kelapa dengan rambut hingga tiga kali dalam seminggu.
 

Loading...
Loading...