Selasa, 27 Februari 2018 13:58 WITA

Manfaat Minum Susu Kambing

Editor: Suriawati
Manfaat Minum Susu Kambing
INT

RAKYATKU.COM - Bila dibandingkan dengan susu sapi, susu kambing mungkin kalah populer. Tapi, tahukah Anda bahwa susu kambing menawarkan sejumlah manfaat untuk kesehatan, yang tak kalah dengan susu sapi.

Susu kambing kaya akan protein, kalsium, magnesium, fosfor, potassium, dan vitamin A, B2, C, dan D. Berikut uraian manfaat susu kambing untuk kesehatan:

1. Baik untuk Jantung
Susu kambing adalah sumber magnesium. Ini membantu menjaga irama detak jantung dan bahkan mencegah pembentukan bekuan darah dan peningkatan kadar kolesterol. Magnesium juga bekerja dengan vitamin D, yang merupakan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan jantung.

Susu kambing juga mengandung asam lemak rantai sedang (lebih dari susu sapi). Asam lemak ini diketahui menurunkan kadar kolesterol dan membantu mengobati penyakit koroner. Susu ini juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik.

2. Mengatasi peradangan
Studi telah mengungkapkan bagaimana susu kambing dapat digunakan sebagai suplemen untuk mengobati peradangan. Susu ini dapat memicu respons imun bawaan dan adaptif dalam tubuh manusia, dan ini dapat membantu melawan peradangan.

Sifat anti-inflamasi susu kambing dapat dikaitkan dengan senyawa yang disebut oligosakarida, yang dapat membantu mengobati penyakit radang usus. Oligosakarida ini juga membantu mengurangi peradangan usus.

3. Memperkuat tulang
Susu kambing mengandung kalsium tinggi, lebih dari yang ditawarkan susu sapi. Menariknya, susu kambing juga kaya akan vitamin D, nutrisi lain yang meningkatkan penyerapan kalsium dan kekuatan tulang.

Susu kambing juga mengandung jenis protein lain yang disebut CSN1S2, yang terbukti memiliki efek anti-osteoporosis. Ini juga mencegah demineralisasi tulang (pelunakan tulang).

4. Meningkatkan kesehatan otak
Studi telah menunjukkan bagaimana lipid dalam susu kambing dapat mengurangi kecemasan. Susu kambing juga mengandung asam linoleat terkonjugasi, yang diketahui mempengaruhi perkembangan otak.

5. Mencegah anemia
Susu kambing memiliki bioavailabilitas zat besi yang lebih tinggi dan meningkatkan penyerapan zat besi. Ini berarti bahwa susu kambing bisa membantu mencegah anemia.