Senin, 26 Februari 2018 15:12 WITA

Anda Susah Hamil? Mungkin Penyebabnya Adalah Gula

Editor: Suriawati
Anda Susah Hamil? Mungkin Penyebabnya Adalah Gula
INT

RAKYATKU.COM - Ada hubungan mengejutkan antara konsumsi gula dan kesuburan. Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology mengungkapkan bahwa mengonsumsi minuman manis setiap hari bisa mengurangi kemungkinan hamil.

Peneliti mengatakan, gula atau peningkatan kadar glukosa dalam tubuh tidak memiliki kaitan langsung dengan kesuburan. Namun komplikasi terkait seperti resistensi insulin, diabetes mellitus, penambahan berat badan, dan ketidakseimbangan hormon akibat konsumsi gula, menurunkan potensi kesuburan.

Bagaimana asupan gula mempengaruhi tingkat kesuburan? Kadar glukosa yang tinggi dalam darah menyebabkan gangguan hormon karena ada penambahan berat badan dan resistensi insulin dalam tubuh.

Salah satu masalah umum yang timbul karena ketidakseimbangan hormon adalah disfungsi ovulasi pada wanita, yaitu, kesulitan pada telur dilepaskan dari indung telur. 

Seringkali ada gejala seperti menstruasi tidak teratur atau tidak ada. Gangguan ketidakseimbangan hormon lain yang terkait dengan resistensi insulin adalah PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome). Ini juga umum terjadi pada wanita.

Pada pria, kadar glukosa darah tinggi dapat mempengaruhi kadar testosteron yang menyebabkan masalah pada produksi sperma. Sekitar 30-40% kasus infertilitas disebabkan oleh berkurangnya jumlah sperma dan karena kualitasnya buruk. Jika sperma tidak cukup sehat, akan sulit baginya untuk membuahi sel telur.

Lalu, berapa banyak asupan gula yang disarankan? Rata-rata, batas gula harian untuk wanita sekitar 25-28g dan untuk pria adalah 37-40g.