Minggu, 25 Februari 2018 13:56 WITA

Inilah Alasan ASI Sangat Penting Bagi Bayi

Editor: Adil Patawai Anar
Inilah Alasan ASI Sangat Penting Bagi Bayi

RAKYAKU.COM – Tentu sering kita mendengar bahwa makanan yang terbaik bagi bayi adalah ASI. ASI dianjurkan untuk diberikan kepada bayi baru lahir hingga usia 6 bulan untuk mendukung kesehatan bayi. Namun kira-kira apa alasan ASI menjadi satu-satunya makanan yang terbaik untuk bayi?

Bayi yang baru lahir tentu rentan dengan berbagai hal yang dapat memengaruhi pertumbuhannya. Maka dari itu perlindungan terbaik diperlukan dari asupan yang baik pula. Makanan yang baik bagi bayi adalah makanan yang sesuai dengan kondisi tubuhnya, baik dari jenis dan asupan zat gizinya.

Umumnya zat gizi yang dapat diserap dengan baik oleh tubuh bayi adalah zat gizi dalam bentuk tertentu yang hanya ada pada ASI. Sehingga dengan memberikan ASI maka asupan gizi baik dari jenis dan penyerapannya akan lebih tepat untuk tubuh bayi. Beberapa kandungan gizi yang mendukung tumbuh kembang yang baik untuk tubuh bayi adalah:

Cairan pada ASI
Kandungan cairan pada ASI sesuai dengan kondisi cairan atau ion tubuh bayi (isotonik). Sehingga ASI dapat mencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh bayi.

Protein yang tepat
Takaran kandungan protein pada ASI tepat sesuai dengan tumbuh kembang bayi, yaitu kandungannya tinggi pada saat bayi baru lahir dan kandungannya dalam takaran normal pada 10 hari setelah melahirkan. Hal ini dapat mencegah terjadinya kerja ginjal yang terlalu berat. Sehingga protein yang ada pada ASI memiliki komposisi yang sesuai dengan tumbuh kembang bayi.

Whey protein
Kandungan whey protein pada ASI lebih mudah dicerna oleh bayi dibandingkan dengan susu yang non-ASI. Jenis protein ini juga akan mendukung tumbuh kembang bayi lebih optimal.

Mineral lebih baik
Mineral yang ada pada ASI, misalnya kalsium, magnesium dan zinc, merupakan jenis mineral yang mampu mendukung penyerapan protein serta mineral pada ASI lebih mudah diserap bayi. Dengan mengonsumsi ASI kebutuhan mineral bayi akan tercukupi karena penyerapannya lebih baik.

ASI memiliki kandungan zat gizi yang baik dari jenis dan penyerapannya untuk tubuh bayi. Sehingga apabila kita memberi ASI pada bayi sebagai makanan pertamanya maka akan mendukung tumbuh kembang bayi dengan lebih optimal.