Sabtu, 24 Februari 2018 04:00 WITA

Berikut Ciri-ciri Vagina yang Sehat

Editor: Adil Patawai Anar
Berikut Ciri-ciri Vagina yang Sehat

RAKYATKU.COM – Sebagai wanita merawat tubuh adalah hal wajib yang harus dilakukan setiap hari. Tidak hanya wajah dan bagian kulit lain seperti kaki dan tangan, bagian kewanitaan juga harus dijaga agar sehat dan fungsi reproduksi serta seksualnya berjalan dengan  baik tanpa ada gangguan sedikit pun.

Nah, untuk mengetahui seperti apa kriteria vagina yang sehat, coba simak beberapa ciri-cirinya di bawah ini dengan saksama ya.

1. Bau yang tidak menyengat
Vagina yang sehat tidak akan menimbulkan bau yang tidak sedap baik itu terlalu amis atau bahkan busuk. Kalau vagina yang Anda miliki sampai menimbulkan bau tidak sedap, artinya kewanitaan sedang terinfeksi oleh virus atau bakteri. Infeksi ini menyebabkan keputihan abnormal yang cukup menyiksa.

Untuk menghilangkan bau tidak sedap ini, wanita harus sering membasuh vagina dengan sabun khusus atau dengan air hangat. Terpenting dari semua, keputihan harus disembuhkan agar flora normal vagina kembali.

2. Kelembapan normal
Vagina yang sehat biasanya memiliki kelembapan yang normal. Artinya, vagina tidak terlalu basah atau tidak terlalu kering. Bagian dalam vagina juga terasa hangat saat diraba sehingga cocok untuk tempat pembuahan. Saat sperma masuk ke dalam vagina, lingkungan yang lembap membuat sel bisa hidup lebih lama sebelum akhirnya membuahi sel telur.

Kelembapan dari vagina bisa turun karena menopause. Pada kondisi ini wanita akan memiliki vagina kering sehingga sakit saat bercinta. Lebih lanjut, vagina kering juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat dan gaya hidup tidak sehat.

3. Ada cairan kental bening
Selain mengeluarkan darah menstruasi, vagina juga mengeluarkan cairan kental tapi bening. Cairan ini adalah mekanisme pertahanan diri untuk mengeluarkan bakteri dan radikal bebas. Kalau vagina Anda mengeluarkan cairan ini artinya kewanitaan sedang sehat. Namun kalau cairan yang keluar agar berwarna kuning, hijau, atau ada bercak darah, kemungkinan terjadi keputihan abnormal.

Tags