Jumat, 23 Februari 2018 06:00 WITA

Punya Paha Kecil Berisiko Tinggi Terkena Diabetes

Editor: Nur Hidayat Said
Punya Paha Kecil Berisiko Tinggi Terkena Diabetes
SUMBER FOTO: HEALTH STATUS.

RAKYATKU.COM - Sebuah penelitian mengungkapkan lingkar paha ukuran lingkar paha dapat memprediksi risiko diabetes pada seseorang. Makin kecil paha, makin tinggi risiko diabetesnya, begitu sebaliknya.

Adalah sekelompok dokter dari Rumah Sakit Sir Gangga Ram dan Motilal Nehru Medical College yang melakukan penelitian itu. Mereka mengklaim telah menemukan alat skrining sederhana dan hemat biaya untuk mengidentifikasi risiko diabetes tipe 2.

"Analisis ini dilakukan pada 1.055 pasien di Rumah Sakit Sir Gangga Ram dari Maret 2013 sampai September 2016 dan kami menemukan seseorang dengan paha besar, kecil kemungkinan terkena diabetes," kata Dr SP Byotra dari RS Sir Gangga Ram dikutip Zee News.

Byotra menjelaskan, seseorang dengan perut besar dan paha kecil memiliki risiko tinggi terkena diabetes. Sementara orang dengan perut ramping dan paha besar, akan memiliki risiko diabetes yang lebih rendah.

Diabetes sendiri merupakan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi dunia kedokteran di seluruh dunia. Diperkirakan, ada 415 juta penderita diabetes pada tahun 2015 saja. 

"Diagnosis dan pengobatan diabetes akan terbukti sia-sia dan tidak ekonomis, kecuali jika kita dapat diidentifikasi yang berisiko dari tahap awal. Untuk itu, kami memerlukan alat skrining sederhana dan murah yang dapat digunakan dengan mudah, dimanapun dan kapanpun, seperti yang diminta oleh dokter," ujar Byorta.

Dr Atul Gotia, rekan Byorta, yang juga konsultan senior departeman obat-obatan RS Sir Gangga Gam menyatakan, orang Asia cenderung memiliki perut besar dan paha yang kecil. Hal itu membuat mereka lebih rentan terkena diabetes dibanding penduduk ras lain.