Jumat, 23 Februari 2018 07:00 WITA

Kasih Sayang Suami Bisa Perlancar ASI Loh...

Editor: Nur Hidayat Said
Kasih Sayang Suami Bisa Perlancar ASI Loh...
SUMBER FOTO: VEMALE.

RAKYATKU.COM - Jangan berpikir air susu ibu (ASI) hanya begantung dari ibu yang menyusui. Suami juga punya andil.

dr Utami Roesli SpA, IBCLC seperti dikutip laman Hai Bunda mengatakan, menyusui itu menyangkut ibu, ayah, dan anak. Dukungan menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan seorang ibu untuk menyusui. 

"Supaya produksi ASI lancar diperlukan hormon oksitosin atau hormon kenyamanan atau hormon kasih sayang. Kalau ibu kurang nyaman, produksi ASI bisa kurang," kata dr Utami dikutip Hai Bunda. 

"Makanya, penting nih bikin ibu nyaman dan siapa yang paling berperan untuk ini? Ayah. Menyusui itu tiga pihak lho. Ayah, ibu, dan anak."

Yang bisa dilakukan para suami agar istri nyaman, yaitu proteksi dan dukungan. "Anak saya kan laki-laki, saat anaknya lahir dia (suami) juga membantu nyuci popok, ngurus anaknyalah," ucap dr Utami.  

"Nah, yang kayak gitu kan bisa bikin ibu nyaman. Pokoknya suami bisa melakukan sesuatu yang memang bikin istrinya nyaman, lakukanlah," ucapnya.

Dr Utaami bilang, proteksi dan dukungan yang benar dari suami bisa membuat keberhasilan menyusui sampai 98 persen, mengutip sebuah penelitian. "Jadi bapak-bapak, Anda punya power untuk menentukan kualitas kehidupan manusia," pungkas dr Utami.