Senin, 13 Juni 2016 11:00 WITA

Tips Menjaga Tubuh Tetap Ternutrisi Selama Puasa

Editor: Suriawati
Tips Menjaga Tubuh Tetap Ternutrisi Selama Puasa

RAKYATKU.COM - Selama berpuasa pola makan kita berubah. Dari yang sebelumnya makan tiga kali sehari, sekarang hanya makan saat sahur dan berbuka, serta harus menahan selama 12 jam.

Baca juga: Tips Sederhana Mengatasi Sembelit Selama Ramadan

Kekurangan makanan dan air selama sehari bisa berefek pada kesehatan seseorang. Untuk itu kita harus memastikan mengonsumsi makanan yang bergisi saat berbuka dan sahur. Berikut ini 3 tips untuk menjaga tubuh tetap ternutrisi selama bulan suci ini. 

1. Mengonsumsi makan ringan saat berbuka
Ketika berbuka puasa, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan ringan seperti buah buahan dan salad. Disarankan juga menjauhi makanan berat dan pedas. Makanan ringan mudah dicerna dan tidak akan menyebabkan masalah pencernaan. 

loading...

Baca juga: 6 Manfaat Luar Biasa Berpuasa untuk Kesehatan

2. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur
Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran merupakan makanan terbaik untuk sahur dan berbuka. Disarankan untuk mengonsumsi buah yang mengandung banyak air, seperti semangka. Ini bisa membantu Anda tetap terhidrasi. 

3. Mengonsumsi makanan yang kaya protein dan karbohidrat
Makanan yang kaya protein dan karbohidrat bermanfaat bagi kesehatan Anda dan membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lama. Disarankan untuk mengonsumsi almond, oatmeal, dan kacang-kacangan saat sahur.

Loading...
Loading...