Senin, 13 Juni 2016 03:00 WITA

7 Tips Memilih Menu Sahur Sehat

Editor: Vkar Sammana
7 Tips Memilih Menu Sahur Sehat
ilustrasi sahur

RAKYATKU.COM - Sahur dengan makanan dan minuman sehat tentu akan menambah energi untuk Anda yang berpuasa di bulan ramadan. Menu sehat sahur juga bisa menjadi penolong bagi anda yang sering merasa mengantuk dan badan lemas.

Berikut ini adalah tips memilih makanan untuk menu sahur Anda yang dirangkum Rakyatku.com dari berbagai sumber:

1. Makanan Berkarbohidrat
Pilihlah menu sahur daging atau ikan, karena mengandung banyak karbohidrat serta protein. Terutama protein nabati juga hewani. 

2. Sahur dengan makanan segar

Usahakan Anda menyantap makanann sahur yang segar atau baru dimasak. Karena memakan makanan sisa buka puasa, akan mengurangi kandungan gizi dalam menu tersebut.

3. Jangan makan yang berlemak
Hindari menyantap gorengan atau kuah santan saat menyantap menu sahur. Karena makanan berlemak sangat sulit untuk dicerna tubuh. Jika hal itu anda lakukan, tubuh akan mengeluarkan banyak cairan, sehingga berdampak pada cepatnya Anda mengalami dehidrtasi.

loading...

4. Banyak minum air putih
Saat waktu sahur menuju Imsak, Anda harus perbanyak mengonsumsi air putih. Hal itu akan membuat Anda lebih bisa menahan puasa dan terhindar dari dehidrasi.

5. Jangan makan yang manis-manis
Makanan dengan kadar gula tinggi atau manis hanya cocok disantap saat berbuka puasa. Jika dikonsumsi saat sahur, maka tubuh akan cepat merasa lapar ketika sudah masuk siang hari.

6. Jangan lupa minum susu
Minumlah susu sebagai pelengkap ketika sahur. Apalagi jika menu sahur Anda berat, minum susu bisa dilakukan saat berbuka.

7. Buah-buahan
Berbagai sumber vitamin bisa didapatkan dari berbagai buah. Untuk sahur, apel dan anggur cukup ringan Anda konsumsi. Namun ingat, jangan makan berlebihan

Loading...
Loading...