Senin, 19 Februari 2018 14:25 WITA

Tips Menangani Nyeri Panggul Selama Kehamilan

Editor: Suriawati
Tips Menangani Nyeri Panggul Selama Kehamilan
INT

RAKAYTKU.COM - Ada banyak perubahan pada tubuh wanita saat mereka hamil, salah satunya sering mengalami nyeri panggul. Ini umumnya mulai dirasakan pada selama trimester kedua dan ketiga.

Nyeri panggul adalah perasaan tidak nyaman di sekitar sendi panggul. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan bayi dan pergerakannya menuju panggul, sehingga menekan pinggul dan kandung kemih ibunya.

Meski tidak berbahaya bagi bayi, tapi hal itu bisa membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Kondisi ini bisa membatasi gerakan ibu hamil seperti berjalan kaki, naik tangga atau berdiri dengan satu kaki saat mengganti baju dll. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatasi rasa sakit ini.

Berikut beberapa cara untuk mengatasi nyeri panggul:

1. Latihan panggul
Jika Anda mengunjungi ginekolog dan konsultasi mengenai nyeri panggul, hal pertama yang mereka lakukan adalah merekomendasikan beberapa latihan. Latihan ini akan membantu Anda melemaskan otot panggul dan mengurangi rasa sakit. 

Tips Menangani Nyeri Panggul Selama Kehamilan2. Akupunktur
Cara ini semakin populer pada wanita hamil, karena efektif dalam mengurangi sebagian besar rasa sakit yang berkaitan dengan kehamilan. Mendapatkan ahli akupunktur pasti akan membantu Anda mengurangi rasa sakit dan membuat fase kehamilan lebih mudah bagi Anda.

3. Mandi air hangat
Mandi air hangat adalah jawaban untuk sebagian besar rasa sakit terkait kehamilan Anda. Cobalah bersantai di bak mandi yang berisi air hangat saat Anda mengalami rasa sakit di daerah panggul Anda.

4. Gunakan selempang perut
Peralatan seperti selempang perut akan membantu menopang berat perut Anda dan memberi sedikit kelegaan pada otot panggul. 

5. Istirahat
Saat Anda mulai mengalami nyeri panggul, maka segera tinggalkan semua pekerjaan Anda dan berbaring, bahkan tidur. Tekanan terus menerus pada otot panggul akan meningkatkan rasa sakit, sehingga Anda butuh istirahat.

Tips Menangani Nyeri Panggul Selama KehamilanBiasanya nyeri panggul akan hilang jika Anda menghindari pekerjaan fisik yang terus menerus dan berbaring. Cobalah untuk memahami apa yang menyebabkan rasa sakit dan hindari posisi tersebut sebisa mungkin. Selain itu, dukungan keluarga Anda juga sangat penting selama fase ini.