Minggu, 18 Februari 2018 08:51 WITA

Manfaat Wijen untuk Kesehatan, Kulit dan Rambut

Editor: Suriawati
Manfaat Wijen untuk Kesehatan, Kulit dan Rambut
INT

RAKYATKU.COM - Wijen dianggap dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat, karena padat nutrisi, dengan kombinasi vitamin dan mineral.

Wijen mengandung kalsium tinggi, besi, seng, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, serat, vitamin B6, dll. Karena itu, wijen memiliki kemampuan kuat untuk mencegah berbagai jenis kanker, diabetes, menurunkan tekanan darah, menguatkan tulang, meningkatkan kesehatan jantung dan juga membantu menyembuhkan gangguan tidur.

Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan tentang manfaat wijen untuk kesehatan:

1. Membantu meningkatkan pencernaan
Wijen mengandung serat, yang penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ini membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan memperbaiki pergerakan usus. Mengkonsumsi biji wijen akan mencegah sembelit dan diare dan juga akan menurunkan kemungkinan penyakit gastrointestinal dan kanker.

2. Mengurangi hipertensi 
Wijen mengurangi hipertensi, sehingga membantu mengurangi ketegangan pada jantung dan membantu mencegah dari penyakit jantung. Biji wijen mengandung magnesium yang bertindak sebagai agen dalam menurunkan tekanan darah.

3. Membantu mencegah kanker
Wijen diketahui bisa mencegah berbagai jenis kanker seperti leukemia, kanker payudara, usus besar, pankreas, paru-paru dan prostat. Mereka memiliki kemampuan untuk mencegah kanker karena mengandung efek anti-karsinogenik magnesium dan fitat yang mengurangi efek radikal bebas.

Manfaat Wijen untuk Kesehatan, Kulit dan Rambut4. Melindungi terhadap radiasi
Wijen memiliki kemampuan kuat untuk melindungi DNA dari efek berbahaya radiasi. Radiasi berasal dari pengobatan kanker, yang meliputi kemoterapi dan radioterapi. Mengonsumsi wijen akan meningkatkan kekuatan Anda dan mengurangi kemungkinan terkena kanker.

5. Meningkatkan fungsi metabolik
Biji wijen mengandung protein yang membantu membangun jaringan otot, memperbaiki otot, meningkatkan kekuatan, mobilitas, tingkat energi, dan pertumbuhan sel sehat secara keseluruhan. Ini juga membantu meningkatkan fungsi metabolisme Anda.

6. Membantu mengelola diabetes
Wijen terdiri dari magnesium yang membantu mengurangi kemungkinan diabetes dan juga membantu dalam mengelola gejala diabetes. Wijen juga membantu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam tubuh.

Manfaat Wijen untuk Kesehatan, Kulit dan Rambut7. Meningkatkan kesehatan tulang
Wijen mengandung mineral penting seperti fosfor, kalsium, dan seng yang membantu menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Mineral ini menciptakan materi tulang baru dan memperkuat tulang, yang mungkin menjadi lemah karena cedera atau kondisi tulang yang serius seperti osteoporosis.

8. Mengurangi peradangan
Wijen mengandung tembaga yang membantu dalam mengurangi radang sendi, otot dan tulang. Ini juga membantu dalam memperkuat pembuluh darah, sendi dan tulang sehingga meningkatkan sirkulasi darah dan memastikan organ tubuh menerima cukup oksigen.

9. Baik untuk kulit dan rambut
Wijen mengandung jumlah seng yang tinggi, yang membantu memperkuat jaringan rambut, kulit dan otot. Minyak biji wijen membantu mencegah uban prematur dan mengurangi tanda penuaan dan bekas luka bakar pada kulit.

10. Meningkatkan kesehatan mulut
Minyak dari biji wijen memiliki sifat antibakteri dan zat yang memiliki efek positif pada kesehatan mulut. Menghirup beberapa minyak biji wijen di mulut Anda akan mengurangi bakteri yang ada di mulut Anda dan juga membantu mencegah gigi berlubang.