Minggu, 12 Juni 2016 10:41 WITA

Tips Sederhana Mengatasi Sembelit Selama Ramadan

Editor: Suriawati
Tips Sederhana Mengatasi Sembelit Selama Ramadan

RAKYATKU.COM - Selama bulan ramadan, pola makan kita berubah. Hal ini bisa menimbulkan masalah pencernssn pada sebagian orang.

Kembung, sakit perut, sembelit, adalah beberapa penyakit pencernaan umum yang dihadapi oleh beberapa orang selama Ramadan. 

Baca juga: 6 Manfaat Luar Biasa Berpuasa untuk Kesehatan

Oleh karena itu, ahli kesehatan menyarankan kita untuk tetap terhidrasi dengan baik dan memastikan bahwa Anda mengonsumsi makanan sehat yang mengandung protein dan serat selama berbuka dan sahur, untuk mencegah gangguan pencernaan. 

Untuk mengatasi sembelit, Anda bisa mencoba minuman buatan sendiri yang sederhana ini.

Bahan yang dibutuhkan adalah
1 sendok makan Baking Soda
2 sendok teh  jeruk nipis 
1 gelas penuh Air panas

loading...

Baca juga: 5 Tips Sederhana Menurunkan Berat Badan Selama Puasa

Caranya, panaskan air dalam panci, sampai mendidih.  Tambahkan 1 sendok makan baking soda dan 2 sendok teh air jeruk nipis ke dalam air mendidih. Tuang campuran ini ke dalam gelas dan minum selagi hangat. Anda dapat meminumnya pada sahur atau berbuka.

Campuran baking soda, air jeruk nipis dan air panas bekerja pada usus Anda untuk membuang limbah dan racun yang tersumbat di sana, sehingga membantu Anda merasa lebih baik dari masalah sembelit. 

Selain itu, kombinasi air jeruk nipis dan baking soda bisa menetralkan kadar asam dalam perut Anda dan mengurangi gas, keasaman dan juga sembelit.

Loading...
Loading...