Kamis, 15 Februari 2018 17:57 WITA

Jus Diberi Pemanis, Manfaat Buah Tidak Bakal Maksimal

Editor: Adil Patawai Anar
Jus Diberi Pemanis, Manfaat Buah Tidak Bakal Maksimal

RAKYATKU.COM - Jus sering kita jadikan pilihan agar tubuh dapat mengonsumsi buah atau sayur. Kita sering mengolah buah atau sayur dalam bentuk jus karena buah tampil dalam bentuk yang lebih mudah untuk kita konsumsi yaitu dengan cara diminum.

Pengolahan buah dengan di jus cenderung mudah, kita dapat membuatnya sendiri dirumah serta banyak pula pilihan jus yang dijual dalam berbagai inovasi produk yang menarik sehingga kita semakin mudah dalam mengonsumsi buah atau sayur dalam bentuk jus.

Jus buah atau sayur umumnya diolah dengan tambahan air dan gula atau susu. Padahal sebenarnya cara tersebut kurang tepat apabila kita ingin memperoleh manfaat yang maksimal dari mengonsumsi jus buah. Hal ini disebabkan adanya penambahan jenis bahan makanan lain yang cenderung tinggi gula pada jus.

Bahan makanan yang umum ditambahkan pada jus adalah gula, susu kental manis dan berbagai sajian topping seperti meses, coklat atau jelly). Penambahan bahan makanan lain ini yang menyebabkan kita jadi kurang dapat merasakan manfaat dari mengonsumsi jus karena dengan penambahan bahan makanan tersebut menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Beberapa jenis buah yang sering kita buat sebagai jus umumnya sudah mengandung gula (fruktosa atau glukosa) pada buah. Sehingga sebenarnya dari buah itu sendiri kita sudah dapat merasakan rasa manis yang berasal dari gula buah. Kebiasaan kita dalam menambahkan bahan makanan manis lainnya sebenarnya kurang tepat dilakukan.

Kementrian Kesehatan RI menyarankan bahwa apabila kita ingin jus buah yang kita minum tetap terasa manis, dapat dilakukan dengan memilih jenis buah dengan tingkat kematangan yang tepat sehingga kandungan gula yang terdapat di dalamnya juga tinggi dan tanpa penambahan gula kita bisa tetap merasakan rasa manis yang alami dari buah. Ini bisa kita rasakan apabila buah yang akan kita konsumsi sudah dalam kondisi yang matang sempurna.

Sebelum membuat jus buah, sebaiknya kita perlu memastikan buahnya sudah matang sempurna dulu ya, agar jus buah kita tetap manis tanpa tambahan gula.