Kamis, 15 Februari 2018 17:45 WITA

Ngeri, Kaki Pria ini Bengkak Setelah Digigit Nyamuk

Editor: Suriawati
Ngeri, Kaki Pria ini Bengkak Setelah Digigit Nyamuk
Foto: Newslions via Metro UK

RAKYATKU.COM - Seorang pria dari India menderita penyakit kaki gajah setelah digigit oleh nyamuk. Saidalavi, 46 tahun, mulai menderita penyakit tersebut sejak remaja, dan terbaring di tempat tidur sejak 2016 karena benjolan besar di pahanya.

Minggu ini dia menjalani operasi di Amrita Institute of Medical Sciences di Kochi, India. Berkat prosedur tersebut, ia kini mampu berdiri, bahkan telah memulai langkah pertamanya dalam dua tahun.

"Saya berterima kasih kepada para dokter dari lubuk hati saya karena memungkinkan saya menjalani kehidupan normal," katanya.

"Sungguh menakjubkan bisa berdiri di atas kedua kaki saya sendiri tanpa ada dukungan.

"Saya telah melepaskan semua harapan dan bahkan khawatir kaki saya perlu diamputasi jika infeksi menyebar. Saya sekarang telah mendapatkan hidup saya kembali dan berharap bisa menemukan pekerjaan lagi."

Saidalavi didiagnosis dengan kondisi ini 30 tahun yang lalu dan telah menjalani sejumlah operasi, namun pembengkakan terus meningkat.

Dalam operasi baru-baru ini, sebanyak lima ahli bedah dan tiga ahli anestesi berusaha mengangkat pembengkakan di kakinya selama operasi lima jam. Dikatakan bahwa pembengkakan tersebut seberat 12kg.

Dr Subramania Iyer, kepala bedah plastik dan rekonstruksi yang menanganinya mengatakan, "Itu adalah operasi yang rumit. Beberapa komplikasi bisa meningkat karena pasien kelebihan berat badan dan ketidakmampuannya untuk berjalan."

Dr Iyer menambahkan bahwa "Dia (Saidalavi) akan membutuhkan operasi pengurangan lebih lanjut pada kedua kakinya setelah enam sampai sembilan bulan, dan kemudian dia akan bisa menjalani kehidupan normal."

Kaki gajah atau Filariasis limfatik disebabkan oleh infeksi tropis yang tertangkap dari cacing yang ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Tags