Kamis, 15 Februari 2018 14:09 WITA

Kanker Ovarium Tidak Dimulai di Ovarium, Melainkan di Bagian ini

Editor: Suriawati
Kanker Ovarium Tidak Dimulai di Ovarium, Melainkan di Bagian ini
Foto: Shutterstock

RAKYATKU.COM - Dua penelitian baru menemukan bahwa kanker ovarium tidak dimulai dalam ovarium itu sendiri, melainkan di tuba fallopi.

Temuan tersebut memberi para peneliti harapan untuk mengembangkan metode deteksi dan pencegahan yang lebih baik, dan menyoroti kenyataan yang mengkhawatirkan yang sangat sedikit diketahui tentang penyakit ini.

Salah satu penelitian dilakukan oleh Ron Drapkin, seorang profesor patologi kebidanan dan ginekologi di University of Pennsylvania.

Studinya meneliti hubungan antara tumor pada lima pasien, mengisolasi lesi prekursor awal pada 37 sampel. Drapkin dan tim menggunakan teknik pembuatan profil genetik untuk mencari perubahan dalam materi genetik dan pola antara sampel dan pasien.

"Kami pada dasarnya tahu bahwa kanker ovarium dimulai di tuba falopi, namun penelitian ini memberi kami bukti genom untuk mendukung gagasan tersebut," kata Dr Drapkin.

Ia menambahkan bahwa ada kemungkinan sejumlah kecil kasus dimulai di tempat lain selain tuba fallopi, namun belum ada bukti konkret mengenai hal itu.

Selanjutnya, studi lain oleh para peneliti di Pusat Kanker Perlmutter di NYU Langone Health di New York City melihat sampel jaringan tumor ovarium dari 96 wanita dan membandingkannya dengan sampel dari sekelompok wanita sehat.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa sel kanker paling mirip dengan jaringan fallopi.

Kanker ovarium disebut 'silent killer' karena tidak ada cara yang efektif untuk menyaringnya dan umumnya didiagnosis pada tahap akhir.

Kanker ini disebut sebagai penyebab kematian kelima di antara wanita yang menderita kanker, membunuh 14.000 wanita di AS setiap tahunnya.

Tags