Kamis, 15 Februari 2018 08:31 WITA

8 Fakta Mengejutkan Tentang Flu

Editor: Suriawati
8 Fakta Mengejutkan Tentang Flu
INT

RAKYATKU.COM - Saat musim hujan seperti ini, kita sangat rentan terserang flu. Kondisi ini umumnya mempengaruhi orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah.

Flu biasanya disertai gejala lain seperti demam, batuk, sakit kepala, menggigil, pilek, sulit bernafas, hidung gatal, hidung tersumbat, kelelahan, dll.

Berikut beberapa fakta menarik tentang flu yang mungkin belum Anda ketahui.

Fakta 1
Statistik dan penelitian yang dilakukan terhadap sejumlah orang yang terkena flu, mengindikasikan bahwa biasanya orang dewasa menderita flu 2-5 kali setahun, sedangkan anak-anak di bawah usia 12 tahun biasanya terkena flu sekitar 6-10 kali setahun. Anak-anak lebih rentan terkena flu karena sistem kekebalan tubuh mereka lebih lemah dibandingkan dengan orang dewasa.

Fakta 2
Sama seperti anak-anak di bawah usia 12 tahun, orang berusia 60 tahun atau lebih tua juga bisa mengalami flu lebih sering, karena sistem kekebalan seseorang mulai memburuk setelah usia 60 tahun.

Fakta 3
Virus yang menyebabkan flu disebut 'rhinovirus'. Virus ini telah ada di bumi sejak dahulu kala dan bahkan telah disebutkan dalam kitab medis Mesir kuno. 'Rhinovirus' diketahui memiliki kemampuan bertahan dalam kondisi cuaca dan geografi yang paling ekstrem, itulah sebabnya mereka bertahan lama dan membutuhkan waktu lama untuk mati di dalam tubuh manusia!

Fakta 4
Rhinovirus mampu bertahan di luar tubuh manusia selama 48 Jam! Jadi, ketika seseorang menyentuh permukaan dimana virus flu tersebut bertahan hidup, ada kemungkinan besar mereka segera terkena flu. Rhinovirus dapat bertahan di permukaan seperti keyboard komputer, telepon, alat dapur, tombol lift, sakelar lampu, keranjang belanja, gulungan tisu toilet, dll.

Fakta 5
Flu bukanlah kondisi yang mengancam jiwa dan merupakan salah satu kondisi yang biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Jadi, orang tidak terlalu khawatir saat terkena flu. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, terutama pada anak-anak dan orang lanjut usia, flu biasa dapat berubah menjadi komplikasi kesehatan lainnya seperti pneumonia dan gangguan pernafasan lainnya, yang dapat mengancam jiwa.

Fakta 6
Kita meyakini bahwa mengkonsumsi pil vitamin C saat sedang terkena flu adalah cara terbaik untuk menyingkirkan virus dan mengobati kondisinya. Namun, penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi vitamin C saat flu, mungkin tidak banyak membantu. Namun, mengonsumsi vitamin C di lain waktu, secara teratur, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah kondisi tersebut.

Fakta 7
Bersin dari orang yang terinfeksi flu dapat melepaskan hingga 1.00.000 kuman ke udara! Beberapa dari kuman ini bisa menular dan ketika orang sehat bernafas dengan udara yang sama, sementara dia berada pada jarak dekat dengan orang yang terinfeksi, mereka juga bisa terkena kondisi tersebut.

Fakta 8
Menurut para ahli, salah satu cara paling efektif untuk mencegah flu, selain menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap sehat, juga rutin mencuci tangan, terutama sebelum makan. Tangan kita terus-menerus bersentuhan dengan permukaan yang memiliki virus flu dan mencucinya bisa mencegah kondisi ini.