Kamis, 15 Februari 2018 01:00 WITA

Bukan Obat, 9 Bahan Makanan Ini Ampuh Atasi Cegukan

Editor: Abu Asyraf
Bukan Obat, 9 Bahan Makanan Ini Ampuh Atasi Cegukan
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Pernah cegukan? Kadang-kadang gangguan yang diakibatkan karena adanya kontraksi mendadak diafragma itu cukup menyiksa. Terutama jika berlangsung lama.

Biasanya, cegukan berlangsung selama beberapa menit. Namun ada pula orang yang mengalami cegukan selama berjam-jam. Tentu sangat mengganggu.

Namun, tidak perlu khawatir. Cegukan bisa diatasi dengan sejumlah bahan makanan yang nyaris setiap hari tersedia di rumah. Dilansir dari boldsky.com, cegukan bisa diatasi dengan memanfaatkan salah satu bahan makanan berikut ini:

1. Selai Kacang

Selai kacang bisa menyela kerja pernapasan saat kamu menelannya. Dan tindakan ini akan menghentikan cegukan dengan mudah.

2. Raw Honey

Makan madu mentah bermanfaat untuk menghentikan cegukan karena teksturnya yang kenyal dapat meringankan kontraksi di diafragma. 

3. Jeruk lemon

Selain dengan cuka, kamu juga bisa menghentikan cegukan dengan jeruk lemon karena rasa asamnya. Sebab rasa asam ini kemudian mengganggu kerja saraf dan menyebabkan cegukan berhenti.

4. Kapulaga

Kapulaga juga merupakan pengobatan sederhana yang baik untuk menghentikan cegukan karena akan membuat otot lebih rileks.

5.Madu dan Minyak Castor

Madu dan minyak castor adalah pengobatan Ayurveda untuk mengobati cegukan. Sehingga jika cegukanmu tak kunjung berhenti selama beberapa waktu, kamu bisa mencoba ramuan sederhana ini.

6. Air Dingin

Cara paling mudah untuk menghentikan cegukan adalah dengan minum air dingin. Sebab air dingin akan menyebabkan gangguan pada diafragma dan membuat cegukanmu berhenti.

7. Gula

Makan gula berguna untuk merangsang saraf vagus dan membuat cegukanmu hilang dengan segera.

8. Cuka

Rasanya yang asam dari cuka ternyata berguna untuk menghentikan cegukan dengan segera.

9. Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki sifat relaksan otot yang membantu meredakan kontraksi diafragma yang jadi penyebab cegukan.