Rabu, 14 Februari 2018 10:53 WITA

Penting untuk Orang Tua! 7 Cara Mencegah Kanker pada Anak

Editor: Suriawati
Penting untuk Orang Tua! 7 Cara Mencegah Kanker pada Anak
INT

RAKYATKU.COM - Usia anak-anak adalah masa yang paling menakjubkan, di mana kita bebas mempelajari hal-hal baru dan bersenang-senang!

Tapi sayangnya, masa gemilang ini bisa saja dirusak oleh penyakit berbahaya tertentu seperti kanker. Jadi, sebagai orang tua, sangat penting untuk memastikan buah hati tetap sehat.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mencegah kanker pada anak.

1. Memberikan teladan yang baik
Salah satu hal utama yang harus dilakukan orang tua untuk memastikan kesehatan dan keselamatan anak mereka adalah memberikan teladan yang baik bagi mereka, dengan mengikuti kebiasaan sehat, seperti menjalani gaya hidup sehat, dan rajin olahraga.

2. Berhenti merokok
Seperti kita ketahui, merokok merupakan kebiasaan yang sangat berbahaya yang bisa membawa sejumlah penyakit, termasuk kanker, tidak hanya pada perokok, tapi juga pada orang-orang disekitarnya!

Perokok sekunder diyakini menjadi salah satu penyebab utama kanker pada anak-anak.

3. Menyusui lebih lama 
Biasanya, ibu berhenti akan menyusui anak saat mereka berusia enam bulan atau sekitar satu tahun. Padahal penelitian membuktikan bahwa menyusui anak sampai 2 tahun, dapat memiliki sejumlah manfaat kesehatan!

ASI bisa meningkatkan kekebalan anak terhadap sejumlah penyakit mematikan, termasuk kanker!

4. Pantau asupan nutrisinya
Seperti yang sudah kita ketahui, kebanyakan anak sangat rewel soal makanan. Jadi, sebagai orang tua, kita harus memantau kebiasaan makan mereka dengan ketat dan memastikan bahwa mereka cukup banyak mengonsumsi sayuran, buah, sayuran dan susu, sehingga tubuh mereka cukup kuat untuk melawan pertumbuhan sel kanker.

5. Hindari polusi
Cobalah untuk menjauhkan anak Anda dari polusi sebanyak mungkin karena polusi juga merupakan salah satu penyebab utama kanker seperti kanker paru-paru dan kanker kulit pada anak-anak.

6. Jauhkan mereka dari gadget
Penggunaan gadget secara berlebihan, seperti ponsel, tablet dan komputer diyakini bisa menyebabkan kanker. Jadi, jauhkan anak-anak dari gadget, kecuali jika mereka benar-benar membutuhkannya.

7. Hindari antibiotik
Sebagian besar anak rentan terhadap infeksi virus dan penyakit seperti flu, infeksi jamur, dan lain-lain, karena sistem kekebalan tubuh mereka masih berkembang. Bila terkena penyakit tersebut, mereka mungkin akan diberikan antibiotik. Namun, mengkonsumsi antibiotik secara rutin juga dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan mempermudah sel kanker berkembang di tubuh!